Turkey Blast, Netizen Dunia Kecam Aksi Teror Bom di Turki

Teror Bom di Turki – sumber foto: Istimewa

Insiden ledakan bom mengguncang ibukota Turki, Ankara, Sabtu, 11 Oktober 2015 pagi ini. Sejauh ini, sebanyak 95 orang dilaporkan tewas dan 246 lainnya luka-luka. Jumlah ini masih akan terus bertambah mengingat simpang siurnya laporan korban dari pemerintah Turki.

Peristiwa teror bom di Turki ini berlangsung saat lebih dari 1.400 orang berkumpul di depan stasiun kereta api sentral Ankara untuk menggelar aksi damai mendorong dihentikannya konflik kekerasan antara pemerintah Turki dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK).

Para aktifis tengah baru mulai melakukan tarian halay dengan saling bergandengan tangan saat dua kali ledakan keras mengguncang kerumuman massa. Diduga ledakan berasal dari bom bunuh diri. Puluhan orang langsung tewas dan ratusan lainnya mengalami luka. Potongan tubuh dan darah dikabarkan muncrat dan bertebaran di lokasi. Aroma daging terbakar dan tangisan serta erangan kesakitan para korban membuat suasana panik.

Belum ada pihak yang mengklaim bertanggungjawab atas peristiwa teror bom di Turki ini. Namun, dugaan kuat mengarah pada kelompok ISIS. Karena selama ini Partai Pekerja Kurdistan dan simpatisannya dikenal keras menentang dan berjuang melawan aksi ISIS.

Teror bom di Turki ini jadi ujian berat bagi pemerintahan Presiden Recep Tayyip Erdogan. Apalagi peristiwa ini terjadi hanya satu minggu jelang pemilihan umum di Turki.

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen dunia atas aksi teror bom di Turki? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 10 Oktober 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Sebanyak 53.909 tweet membicarakan tentang aksi teror bom di Turki. Netizen menyebut bom meledak saat aksi protes damai di tengah ibukota Ankara. Hashtag Turkey Blast pun jadi trending topic.

Netizen menyoroti banyaknya korban jiwa dan luka dalam peristiwa teror bom yang diseut terburuk dalam sejarah Turki modern ini. Lewat 21.190 tweet netizen menyatakan kepedihan dan rasa duka cita terhadap para korban.

Netizen kemudian mengecam keras aksi teror bom di Turki yang mereka sebut barbar dan tak berperikemanusiaan ini. Sebanyak 11.276 tweet dicuitkan netizen yang mengecam keras aksi kekerasan ini. Mereka juga menuntut pihak pemerintah Turki segera mengusut para pelaku teror ini.

Sementara itu, netizen menyatakan, dugaan sementara teror bom ini adalah bom bunuh diri. Menurut netizen, pihak yang sejauh ini berada di belakang bom bunuh diri ini adalah ISIS. Hal ini dinyatakan netizen dunia lewat 4.585 tweet.

***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend