Ulah ISIS Culik 400 Warga Suriah Jadi Perhatian Netizen Dunia

Militan ISIS kembali berulah. Setidaknya ada 400 warga sipil yang diculik termasuk wanita dan anak-anak saat ISIS menyerang wilayah-wilayah yang dikuasai pemerintah Suriah di kota Deir al-Zor, Suriah Timur, Sabtu waktu setempat.

Sebelum penculikan dilakukan, kelompok pemantau Syrian Observatory for Human Rights melaporkan ISIS membunuh sedikitnya 135 orang dalam serangan di Deir Ezzor pada Sabtu. Kematian itu meliputi 85 warga sipil dan 50 prajurit rezim Suriah.

“Ada ketakutan besar akan keselamatan mereka, ada ketakutan bahwa kelompok ini bakal mengeksekusi mereka seperti kelompok militan itu lakukan sebelum ini,” kata Kepala Observatorium HAM Suriah Rami Abdulrahamn.

Diyakini serangan brutal ISIS di Deir Ezzor melibatkan satu pelaku bom bunuh diri. Muncul juga laporan adanya beberapa orang di Deir Ezzor yang dibunuh ISIS lewat metode eksekusi. Laporan pembantaian di Al-Baghaliye, Deir Ezzor, ini terjadi saat pasukan rezim melawan ISIS di provinsi Aleppo dan adanya sejumlah serangan udara ke kota Raqqa.

Ulah ISIS melakukan pembantaian dan penculikan di kota Deir Ezzor Suriah tentu saja menarik perhatian netizen dunia. Catatan redaksi eveline pada periode 17-18 Januari terdapat 145.315 cuitan tentang aksi ISIS di kota Deir Ezzor.

Respon terbesar dari laporan penculikan 400 warga Deir Ezzor Suriah ini berasal dari Amerika Serikat. Hingga berita ini diturunkan, sebanyak 82.811 tweet dilayangkan netizen asal Paman Sam ini. Respon ini berbeda dengan negara-negara yang berdekatan dengan lokasi kejadian. Pada periode 17-18 Januari, terdapat 471 tweet yang berasal dari netizen Iraq. Sementara, netizen Arab Saudi tercatat hanya mencuit sebesar 266 kicauan.

****

 

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend