Woww!! Jumlah Kicauan Gunung Agung Mencapai 42 Ribu Cuitan

Woww!! Jumlah Kicauan Gunung Agung Mencapai 42 Ribu Cuitan

Foto: bbc / tribun

Bandara Internasional Lombok di Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) ditutup sementara menyusul aktivitas yang terjadi di Gunung Agung, Bali. Kepala Stasiun Meteorologi Bandara Internasional Lombok, BMKG NTB, Oral Sem Wilar mengatakan, hasil pertemuan di Crisis Centre Bandara Internasional Lombok memutuskan penutupan bandara mulai Ahad (26/11) pukul 17.55 WITA hingga Senin (27/11) pukul 06.00 WITA.

Wilar menyebutkan, penutupan ini berdasarkan Notice To Airman (NOTAM) yang diterbitkan Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia. Wilar menjelaskan, penutupan bandara merupakan prosedur yang ditempuh dalam hal keselamatan penerbangan.

“Dari pihak Kemenhub, Dirjen Perhubungan Udara untuk keamanan penerbangan malam hari,” ungkap Wilar.

Sebelumnya, General Manager Bandara Internasional Lombok (LIA) I Gusti Ngurah Ardita mengatakan, LIA masih beroperasi normal hingga Ahad (26/11) pukul 12.00 WITA.

Meski masih beroperasi, sejumlah maskapai memutuskan membatalkan penerbangan dari dan ke Lombok. Ardita menyebutkan, maskapai Garuda Indonesia telah membatalkan tujuh penerbangan dari Lombok dan delapan penerbangan ke Lombok pada hari ini. Hal serupa dilakukan maskapai AirAsia yang membatalkan satu penerbangan untuk rute Kuala Lumpur.

Erupsi Gunung Agung selama sepekan pantauan oleh redaksi eveline tercatat cukup tinggi. Jumlah kicauan menurut lembaga pemantau media dan media sosial, evello, mencapai 42.428 tweet.

Pada periode 20-26 November 2017, terdapat dua kali lonjakan kicauan netizen. Lonjakan pertama terjadi pada Selasa 21 November 2017 dengan jumlah kicauan mencapai 11.198 tweet.

Sementara kicauan kedua terjadi pada hari ini, Minggu 26 November 2017 dengan jumlah perbincangan mencapai 14.806 tweet.

Salah satu kicauan yang turut mengundang keramaian perbincangan netizen pada 26 November 2017 berasal dari akun Kapusdatin Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

Kemenhub memastikan Bandara Ngurah Rai di Denpasar, Bali, masih tetap beroperasi. Berbeda dengan Bandara Internasional Lombok, abu vulkanik dari Gunung Agung tidak menerjang Bandara Ngurah Rai.

Arah angin yang bertiup ke arah tenggara menyebabkan abu vulkanik justru lebih banyak terjatuh di Lombok ketimbang di Bali sendiri. Kendati begitu, Agus meminta operator bandara Ngurah Rai memandu pesawat yang hendak mendarat agar menghindari arah tenggara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend