Dinilai Mirip Anjing Laut, Netizen Ramai Bicarakan Patung Maung Bandung

Dinilai Mirip Anjing Laut, Netizen Ramai Bicarakan Patung Maung Bandung

Foto: infobandung / pikiranrakyat

Masih ingat dengan patung Maung Cisewu, Kabupaten Garut, Jawa Barat, yang sempat menghebohkan dunia maya, pertengahan Maret 2017? Nah, kali ini ada juga patung Maung Bandung yang kembali membuat heboh. Patung Maung Bandung itu malah mirip dengan anjing laut.

Rencana Pemerintah Kota Bandung untuk membangun monumen atau Tugu Maung Bandung ternyata tidak sesuai harapan. Bahkan, Wali Kota Ridwan Kamil kecewa dengan penampilan patung Maung Bandung yang mirip anjing laut tersebut.

Tugu Maung Bandung mirip anjing laut itu berada di perempatan Jalan Cihampelas-Wastukencana, Kota Bandung. Di monumen ini terdapat tugu yang di tiap sudutnya terdapat patung Maung Bandung, tapi mirip anjing laut bahkan sekilas justru mirip beruang.

Padahal, Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, berharap patung maung yang didesainnya itu menggambarkan filosofi Maung Bandung yang gagah dan garang.

Patung Maung Bandung inilah yang ramai menjadi perhatian netizen Indonesia. Alih-alih mengkritik, kalimat-kalimat lucu justru dilontarkan netizen.

Walikota Bandung, Ridwan Kamil menyebut seharusnya patung Maung Bandung pada tugu tersebut menggambarkan semangat warga Kota Bandung seperti maung yang tergambar di lampu-lampu jalanan.

“Tapi malah kayak anjing laut,” ucap Emil sambil tersenyum.

Dosen arsitektur ITB itu mengaku sudah mengkritik seniman yang membuat patung tersebut. Rencananya dalam waktu dekat diperbaiki hingga menyerupai maung pada umumnya.

“Itu teh empat Maung Bandung ke empat penjuru mata angin. Menjaga selatan, utara, barat dan timur. Tapi senimannya kurang. Sudah saya kritik (senimannya). Kita perbaiki,” kata Emil.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend