Duka Netizen Pakistan Atas Pembunuhan Qandeel Baloch

Kabar mengejutkan datang dari kota Multan Pakistan setelah seorang model dan sosialita media sosial dibunuh. Qandeel Baloch yang dikenal sebagai Kim Kardhasian-nya Pakistan dibunuh oleh saudara laki-lakinya. Motif pembunuhan diduga untuk menjaga kehormatan dan nama baik keluarga.

Menurut kepala kepolisian setempat, Azhar Akram, Baloch ditemukan tewas di rumahnya di dekat kota kuno Multan, di Provinsi Punjab, Jumat (15/7) malam. Pelakunya yang diduga saudara lelakinya, saat ini masih menghilang dan belum berhasil ditemukan oleh pihak kepolisian.

Muhammad Azeem, ayah Baloch kepada polisi mengatakan putranya Waseem mencekik Baloch hingga tewas. “Dia tak bisa menerima foto-foto saudarinya di media sosial,” kata Azeem kepada wartawan di Multan. “Dia kemudian melarikan diri setelah mencekik Qandeel.”

Kematian Qandeel Baloch sontak membuat publik Pakistan bereaksi. Pada Sabtu, 16 Juli 2016, netizen asal Pakistan beramai-ramai menyampaikan rasa dukacitanya melalui taggar #QandeelBaloch. Bahkan kata kunci Honor Killing sempat menjadi puncak trending topic di linimasa Twitter Pakistan.

Selain menyampaikan dukacita, netizen juga menyatakan penolakannya atas pembunuhan demi kehormatan. “Rest In Peace #QandeelBaloch… #StopHonourKilling #ItsNotIslam” cuit akun @NastasyaEnurb.

Pendapat serupa juga disampaikan netizen lainnya. “#QandeelBaloch killed in an #honorkilling- how many women have to die before we pass the AntiHonor Killing Bill?”. Pemilik akun @sharmeenochinoy menyebutkan bahwa dirinya resah akan banyaknya wanita harus mati atas nama kehormatan keluarga.

Netizen lainnya menyatakan kesedihan dengan menyindir saudara lelaki Baloch. Ia menyebutkan semoga saudara Baloch sudah merasa terhormat saa ini. #QandeelBaloch I hope her brother is feeling honourable now.  #shame”, cuit akun @SethShruti yang berasal dari Bombai India.

Untuk diketahui, Baloch terkenal pernyataannya yang provokatif di media sosial. Salah satunya, pada awal tahun ini, dia pernah berjanji akan melucuti pakaiannya untuk kapten tim kriket Pakistan, seandainya tim itu menang melawan India.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend