Inul Vizta Manado Terbakar, Netizen Nyatakan Prihatin

Inul Vizta Manado Terbakar – sumber foto: Istimewa

Kebakaran melanda tempat karaoke milik pedangdut Inul Daratista di Manado, Sulawesi Utara. Inul Vista yang berlokasi di Kawasan Mega Megamas Manado, Sulawesi Utara dilalap si jago merah ada Minggu 25 Oktober 2015 dini hari. Kebakaran bermula di lantai dua bangunan karaoke 3 lantai tersebut dan membuat panik pengunjungnya.

Pemadam kebakaran dan petugas kepolisian segera datang ke lokasi untuk memadamkan api dan mengevakuasi para korban. Tercatat 12 orang tewas dan kejadian nahas tersebut, dengan 9 orang telah berhasil diidentifikasi. Para korban tewas dan luka dilarikan ke RSUP Kandou Malalayang Manado.

Salah seorang korban selamat bernama Chen menurutkan dirinya bersama beberapa rekan berkaraoke di lantai tiga ketika asap tebal mengepung. Gadis muda ini segera menerobos kepungan asap dengan menggunakan korden sebagai pelindung tubuh.

“Saya ada di lantai tiga. Saya yang pecahkan kaca menggunakan botol. Untung saja saya lolos,” ungkap Chen sebagaimana dikutip dari Tribunnews.com

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia atas kebakaran Inul Vizta Manado yang menewaskan 12 orang? Simak pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 23 – 25 Oktober 2015. Pemantauan dilakukan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Sebanyak 10.832 tweet membicarakan tentang kebakaran di Inul Vizta Manado.

Netizen menyatakan keprihatinannya atas jatuhnya banyak korban dalam peristiwa Minggu dini hari tadi. Lewat 3.641 tweet netizen menyebut setidaknya 12 orang tewas dan banyak lainnya luka-luka. Netizen lalu menyebut, upaya evakuasi korban terhambat karena minimnya petunjung evakuasi yang ada di lokasi. Hal ini diungkapkan lewat 1.028 tweet.

Sementara itu, sebanyak 1.086 tweet mendesak pihak kepolisian melakukan investigasi menyeluruh perihal penyebab kebakaran dan siapa yang bertanggungjawab. Termasuk menurut netizen, memeriksa pengelola karaoke yang dianggap lalai menyediakan pengamanan bagi para pengunjungnya.

***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*