Ketika Flyover Antapani Jadi Tempat Narsis Warga Bandung

Ketika Flyover Antapani Jadi Tempat Narsis Warga Bandung

Sumber foto: Google

Flyover Antapani yang baru saja dibangun akan dapat dilalui oleh warga Bandung pada Sabtu (31/12). Hal ini seperti yang diutarakan Walikota Bandung, Ridwan Kamil. “Flyover lagi testing aja, nanti dibuka permanen hari Sabtu. Hari ini cuma ngetes saja buka resmi hari Sabtu,” ucap Emil, sapaan akrabnya seperti dikutip Kompas, Rabu (28/12).

Emil menyebut flyover baru di Bandung ini memiliki keunikan yang tak dimiliki oleh bangunan lain. Hal ini karena adanya coretan mural dari seniman asal Bandung, John Martono. Pembangunan jembatan layang sepanjang 400 meter tersebut dibuat untuk memecah kemacetan di persimpangan sebidang Antapani, tepatnya di Jalan Jakarta.

Pembangunan jalan layang ini merupakan proyek percontohan hasil inovasi dari Balai Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Karena keunikannya itu, jalan layang ini pun menjadi tempat narsis warga Bandung. Banyak warga Bandung yang mengambil foto dengan latar belakang flyover Antapani. Hal ini ditemukan dari postingan mereka di media sosial. Berikut beberapa penampakan postingan warga Bandung saat berfoto ria di flyover Antapani.

Ready?? . . . . . . . . . #bdg #bdgjuara #bdgbgt #underpass #antapani #earlymornings #publicart

A photo posted by Dindon (@dindon89) on

Jembatan layang yang menelan anggaran Rp 33,5 miliar itu menggunakan teknologi struktur baja bergelombang dengan kombinasi mortar busa. Teknologi ini memiliki keunggulan, yakni proses konstruksi yang lebih cepat sekitar 50 persen dibandingkan pembangunan dengan struktur beton bertulang.

Pada Rabu (28/12) kemarin, flyover ini mulai diuji coba. Kasat Lantas Polrestabes Bandung, AKBP Asep Pujiono mengakui, uji coba tersebut berhasil mengurai kepadatan di Jalan Terusan Jakarta Antapani yang akan menuju Jalan Jakarta dan Ahmad Yani.

Arus lalu lintas pada saat uji coba di dominasi kendaraan angkutan umum dan kendaraan pribadi yang akan berangkat kerja. Asep berharap pada saat musim liburan sekolah habis flyover Antapani bisa maksimal digunakan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend