Musikus Rock and Roll Chuck Berry Meninggal Dunia, Netizen Dunia Berduka

Musikus Rock and Roll Chuck Berry Meninggal Dunia, Netizen Dunia Berduka

Sumber Foto : Istimewa

Industri musik dunia kembali berduka. Salah satu legenda dan pelopor musik Rock n Roll, Charles Edward Anderson “Chuck” Berry ditemukan meninggal dunia di kediamannya St. Louis, Amerika Serikat pada Sabtu (18/3/2017) waktu setempat.

Hal tersebut disampaikan oleh pihak polisi St. Charles County melalui halaman Facebook mereka yang menuliskan petugas menanggapi keadaan darurat medis di tempat tinggal Chuck Berry pada Sabtu siang. Namun polisi menemukan pria tersebut sudah tidak bernyawa.

Tim Kepolisian turut menuliskan bahwa saat ini, pihak keluarga meminta waktu pribadi untuk berkabung atas kepergian Berry. Belum ada informasi lebih lanjut, terkait penyebab kematiannya.

Ucapan belasungkawa kepada pria kelahiran St. Louis, Missouri, 18 Oktober 1926 itu ramai diunggah di media sosial. Salah satunya yaitu di twitter, nama Chuck Berry bahkan masuk di jajaran trending topik twitter dunia dengan jumlah kicauan mecapai 525 ribu lebih tweet.

Chuck Berry dikenal sebagai gitaris andal yang menjadi pelopor musik rock n’ roll, dengan lagu-lagu legendarisnya seperti Maybellene, Roll Over Beethoven, Rock and Roll Music dan Johnny B. Goode. Permainan gitar dan gaya khas ‘duck walk‘ milik Berry, menjadi inspirasi musisi di seluruh dunia bahkan sampai sekarang.

Atas pencapaiannya, Chuck Berry menerima penghargaan seumur hidup yang diberikan pada acara Piala Grammy pada 1984. Dia juga termasuk di antara pemusik pertama yang dimasukkan ke dalam Rock and Roll Hall of Fame ketika museum tersebut diresmikan pada tahun 1986.

Ia juga menerima Penghargaan Kennedy Center bersama-sama dengan artis ternama, Mikhail Baryshnikov, Plácido Domingo, Angela Lansbury, dan Clint Eastwood. Pada tahun 2004, Rolling Stone menempatkan Chuck Berry di urutan ke-5 dari daftar 100 Artis Terbesar Sepanjang Masa. Chuck Berry juga dimasukkan di urutan ke-6 daftar 100 gitaris terbesar sepanjang masa versi majalah Rolling Stone.

***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*