Netizen Protes Keras Kampanye Celup, Apa Itu?

Netizen Protes Keras Kampanye Celup, Apa Itu?

Foto: tribunkaltim / beritaupdate

Netizen Indonesia diramaikan oleh kata kunci Celup pada Rabu, 27 Desember 2017. Celup yang dimaksud bukanlah memasukkan sesuatu ke dalam minuman, melainkan sebuah aplikasi buatan mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Jawa Timur.

CELUP merupakan akronim dari “Cekrek, Lapor, Upload” dan ilustrasi yang ada di brosur, dapat disimpulkan bahwa kampanye ini memiliki inti gerakan yang dilakukan dengan cara memfoto pelaku “asusila”, melaporkannya, kemudian mengunggahnya ke internet.

Kampanye ini ternyata mendapat tentangan sebagian besar netizen Indonesia. Netizen mengkritik kampanye Celup karena dianggap tidak berhak mengunggah foto atau gambar orang lain ke media sosial.

Netizen justru mengajak pembuat Celup agar melakukan kampanye lainnya yang lebih dibutuhkan. Salah satunya adalah kampanye anti plagiat.

Dilansir dari detikcom, ajakan kampanye itu adalah sebuah tugas kuliah mata kuliah DKV 5 di Prodi DKV UPN Veteran Jatim. Tugasnya adalah membuat poster sebuah gerakan. Namun memang diharapkan poster itu hanya untuk kepentingan perkuliahan.

Berdasarkan pantauan @evellocorp, kicauan netizen dengan kata kunci Celup ramai menjadi pergunjingan netizen. Hingga berita ini dimuat, Celup bahkan memuncaki trending topik Indonesia. Akun @evellocorp melaporkan jumlah kicauan 22.044 tweet.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend