Netizen Sebut Pasar Maeklong Thailand Sangat Berbahaya

Pasar adalah tempat bertemunya pedagang dan pembeli. Seperti kita ketahui, pasar di Indonesia biasanya terdiri dari beberapa toko atau kios-kios kecil. Ada juga pasar yang berada didalam sebuah gedung besar yang terdiri dari beberapa lantai.

Tapi berbeda dengan Pasar Maeklong di Thailand. Pasar Maeklong dikatakan berbeda karena adanya lintasan kereta yang masih digunakan di tengah-tengah pasar. Pasar yang berada tepat di samping rel kereta api ini menghadirkan kesan menakutkan bagi yang pertama kali melihatnya. Di saat belanja, tiba-tiba kereta api bisa lewat. Jadi kita harus ekstra hati-hati ketika berbelanja di Pasar Maeklong ini.

Bagaimana tanggapan netizen tentang Pasar Maeklong di Thailand ini? Berikut Eveline merangkumnya hanya untuk anda.

Pemantauan redaksi Eveline terhadap Pasar Maeklong dilakukan selama periode Juli hingga Agustus 2015 melalui linimasa twitter dengan menggunakan platform Evello Intelligent Tagging System. Terdapat 2.016 tweet yang berkicau tentang Pasar Maeklong di Thailand. Sementara itu, sebanyak 557 tweet dari netizen menyatakan bahwa Pasar Maeklong ini sangat unik.

Bagaimana tidak unik, adanya kereta yang tiba-tiba melintas ditengah pasar jelas menggambarkan keunikan Pasar Maeklong. Ketika kereta akan melintas, para pedagang sibuk memindahkan dagangan dan tenda yang sudah dirancang khusus agar bisa dilipat saat kereta melintas. Disaat itu pula kegiatan tawar menawar berhenti. Tak hanya pedagang, pembeli yang berbelanja di Pasar Maeklong juga harus ekstra hati-hati. Mereka harus menepi kedalam toko atau kios-kios pedagang sekitar saat kereta melintas karena jarak antara rel dengan tenda pedagang hanya 2 meter. Keadaan Pasar Maeklong yang sangat berbahaya ini dikomentari netizen lewat 1.448 tweet.

Kereta yang melintas di Pasar Maeklong ini tidak dalam kecepatan tinggi. Kecepatan kereta yang melintas di Pasar Maeklong hanya sekitar 15 km/jam. Bagian bawah kereta hampir menyentuh barang dagangan di pasar ini. Para pendagang seakan sudah fasih menaruh barang jualannya agar tidak tersenggol kereta, walau hanya dengan jarak 2 cm dari rel.

Pasar ini akhirnya menjadi tujuan wisata ketika turis berada di daerah Samut Songkhram, Thailand. Banyak turis yang berkunjung ke Pasar Maeklong hanya untuk melihat kereta melintas ditengah pasar. Sebanyak 883 tweet menyatakan hal tersebut. Setelah kereta melintas, para pedagang akan menggelar lagi tenda mereka. Pembeli berdatangan, aktivitas pasar normal kembali. Para pembeli akan menjadikan rel sebagai jalan setapak untuk mereka, berpindah dari toko yang satu ke toko lainnya.

Sebenarnya, sudah berulang kali pemerintah setempat berusaha mengusir para pedangang. Tapi apa boleh buat, penjual di pasar ini mengaku mereka sudah menempati tempat ini lebih dulu jauh sebelum rel dibuat, yaitu pada tahun 1905. Setiap harinya, pasar ini akan dilalui kereta sebanyak 7 kali. Pagi hari ada 4 kereta yang lewat, dan sisanya siang dan sore hari. Para pedangan seperti sudah hapal dengan jadwal lewatnya kereta. Jadi, apakah anda tertarik untuk berbelanja di Pasar Maeklong?

Loading...

One thought on “Netizen Sebut Pasar Maeklong Thailand Sangat Berbahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*