Wilbur Scoville Ulang Tahun ke-151, Netizen Ucapkan Selamat

Wilbur Scoville Ulang Tahun ke-151, Netizen Ucapkan Selamat

Anda mengenal Wilbur Scoville? Mungkin namanya agak sedikit asing di telinga kita. Wilbur Scoville adalah seorang apoteker asal Amerika Serikat. Tanggal 22 Januari 2016 ini, dia tepat berusia 151 tahun. Wilbur Scoville meninggal dunia pada 10 Maret 1942 di Gainesfille, Florida.

Dialah orang yang menciptakan skala Scoville, skala yang dipakai untuk mengukur kadar kepedasan cabai- cabaian. Skala Scoville muncul dari pengembangan “Tes Organoleptik Scoville” pada tahun 1912 di perusahaan farmasi Parke-Davis, tempat ia bekerja, yang bertujuan mengukur tingkat kepedasan atau pikuansi dalam beberapa jenis cabai.

Dikutip dari Oketekno, skala Scoville sendiri digunakan untuk mengukur seberapa pedasnya sebuah cabai, mengingat cabai sendiri sudah sangat familiar di kalangan masyarakat dan telah dikenal di berbagai penjuru dunia.

Cabai memang sayuran yang sangat pedas dan sangat membakar mulut, namun sebelum Scoville menggunakannya sebagai penelitian, belum ada satupun orang yang melakukan pengukuran terhadap seberapa pedasnya sayuran cabai itu.

Namun berkat keyakinannya, ahli kimia yang berasal dari Amerika ini mampu membuat pengamatan dengan mengukur tingkat panas sebuah cabai. Bahkan Scoville yang lahir 151 tahun lalu akan bertanggung jawab dengan penelitian yang dilakukannya. Scoville sendiri diketahui telah melakukan penelitiannya yang bertajuk “Scoville uji organoleptik” di tahun 1912.

Pantauan redaksi Eveline pada periode 22 Januari 2016 di media sosial twitter, mendapati sebanyak 5.794 tweet perbincangan dari netizen dunia mengenai ulang tahun Wilbur Scoville. Puncak perbincangan terjadi pada pukul 12.00 WIB dengan jumlah kicauan mencapai 945 tweet.

Sebagai orang yang telah berjasa, maka pada hari ini Google Doodle menjadikan gambar Wilbur Scoville sebagai ikon dari logonya dan menambahnya sebuah animasi  yang akan mengajak pengunjung berinteraksi secara langsung.

Pengguna twitter pun turut mengucapkan selamat ulang tahun kepada pria kelahiran Bridgeport, Amerika Serikat ini. “Happy 151st Birthday Mr. Wilbur Scoville! Thank you for the peppers!”, kicau @chefmarvinivan. “Happy 151st Birthday to Wilbur Scoville! #curryfriday #chillifriday #extraextrahot”, tweet dari akun @CurryFriday.

Pada pagi tadi, Wilbur Scoville sempat beberapa jam menjadi trending topic di twitter. Dlihat dari asal pengguna twitter, pengguna twitter di Amerika memperbincangkan Scoville sebanyak 1.819 tweet. Pengguna twitter Eropa 1.263 tweet dan pengguna twitter Indonesia sebanyak 823 tweet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend