Nasib Erdogan Ditentukan Oleh Referendum Yang Diikuti Oleh 55 Juta Warga Turki

Nasib Erdogan Ditentukan Oleh Referendum Yang Diikuti Oleh 55 Juta Warga Turki

Sumber Foto : Istimewa

Rakyat Turki memberikan suara dalam sebuah referendum pada Minggu (16/4/2017) yang dapat memberi kekuasaan-kekuasaan baru kepada Presiden Tayyip Erdogan dan merupakan perubahan paling radikal dalam sistem politik negara itu dalam sejarah modernnya.

Sebanyak 55 juta orang berhak memberikan suara di sedikitnya 167.140 tempat pemungutan suara di seantero negeri, yang buka pukul 7.00 pagi waktu setempat (pukul 11.00 WIB) di bagian timur negara itu dan tutup pada pukul 17.00 waktu setempat (pukul 21.00 WIB). Para pemilih Turki di luar negeri sudah memberikan suara mereka.

Referendum terpaksa digelar setelah sejumlah usulan 18 poin perubahan konstitusi ini tak mendapatkan dukungan minimal duapertiga anggota parlemen. Jika usulan amandemen konstitusi ini mendapatkan dukungan rakyat maka Presiden Recep Tayyip Erdogan bisa mencalonkan diri sebagai presiden pada 2019 dan 2024.

Artinya, dia bisa terus berkuasa hingga 2029 dan sekaligus menjadi pimpinan Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang dia dirikan. Selama ini, peran presiden dalam sistem kenegaraan Turki sebagian besar sekadar seremonial. Selain itu, dalam sistem saat ini, presiden harus melepaskan kaitannya dengan partai politik begitu menduduki jabatan tersebut.

Referendum itu telah membelah Turki. Erdogan dan pendukungnya mengatakan perubahan-perubahan diperlukan untuk mengamandemen konstitusi yang berlaku saat ini, menghadapi tantangan politik dan keamanan yang negara itu hadapi, dan menghindari pemerintahan-pemerintahan koalisi yang rentan seperti terjadi di masa lalu.

Sedangkan para penentang menyatakan referendum itu merupakan satu langkah menuju pemerintahan yang dipimpin oleh penguasa otoriter di sebuah negara tempat 40.000 orang telah ditangkap dan 120.000 dipecat atau di-PHK dalam penumpasan menyusul kudeta yang gagal Juli lalu.

***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend