Netizen Dunia Desak Apple Hapus Permainan Perang Duterte

Netizen Dunia Desak Apple Hapus Permainan Perang Duterte

Foto: Ilustrasi

Sekelompok organisasi masyarakat sipil menuntut agar Apple Inc menghapus aplikasi permainan yang dikatakan melanggar pedoman perusahaan teknologi dan mempromosikan kekerasan serta pembunuhan dalam game tentang perang melawan narkoba Filipina.

Kelompok tersebut merujuk pada beberapa aplikasi yang menampilkan karakter berdasarkan Presiden Filipina Rodrigo Duterte dan kepala polisi nasionalnya, Ronaldo “Bato” dela Rosa, yang melibatkan penjahat dalam pertempuran senjata dan tinju.

“Permainan-permainan ini membuat Anda cemas dan menormalkan tirani kepresidenan Duterte yang baru dan mengabaikan prinsip-prinsip hak asasi manusia,” Jaringan Orang Asia yang Menggunakan Obat-obatan (ANPUD) mengatakan dalam sebuah surat terbuka kepada Chief Executive Officer Apple, Tim Cook.

Kelompok tersebut mendaftarkan 131 organisasi dari berbagai negara sebagai pendukung pengaduan yang dilayangkan 10 Oktober kepada Apple itu, di antaranya kelompok yang bekerja untuk reformasi kebijakan hak asasi manusia, remaja dan obat-obatan terlarang.

Mereka mendesak Apple untuk mengeluarkan permintaan maaf karena telah memunculkan konten “sensitif” semacam itu.

“Yup. Apple should take it down. Don’t be tainted by association with demented duterte” ujar akun @maricar membenarkan dan mendukung pendapat netizen dunia.

Seperti diketahui, Ribuan orang Filipina terbunuh dalam perang melawan obat-obatan terlarang yang digagas Duterte selama 15 bulan masa jabatannya, sebuah kampanye yang menyebabkan alarm internasional.

Kelompok hak asasi manusia mengatakan bahwa eksekusi yang disponsori negara sedang berlangsung, di mana pernyataan itu ditolak oleh pihak berwenang dengan keras.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend