Netizen Laporkan Gelombang Protes di Iran Membesar

Netizen Dunia Terarah Pada Gelombang Protes di Iran

Foto: Istimewa

Aksi demonstrasi anti-pemerintah di Iran masih bergelora sampai hari kelima ini. Aksi protes baru telah meletus, meski telah dimulai sejak pekan lalu. Para demonstran seperti tak mau kehilangan momentumnya.

Media pemerintah mengabarkan 14 orang demonstran dan satu polisi tewas setelah lima hari unjuk rasa itu berlangsung di berbagai kota di seluruh negeri. Sekitar 400 demonstran telah ditangkap.

Laporan yang belum diverifikasi secara independen tersebut, juga mengatakan, pasukan keamanan telah mencegah demonstran bersenjata yang berusaha untuk mengambil alih kantor polisi dan pangkalan militer. Bahkan di ibu kota, Teheran, polisi menggunakan tembakan gas air mata dan meriam air untuk membubarkan demonstrasi di dekat alun-alun Engheleb.

“Ini lebih baik daripada diam,” kata salah satu pengunjuk rasa muda, Milad, seperti dilaporkan Aljazirah, Selasa (2/1). Matanya terlihat kemerahan karena terkena gas air mata.

Informasi yang berkembang di media sosial, khususnya twitter, terlihat massa demonstran makin membesar dan meluas. Terlihat aparat keamanan Iran mulai bertindak represif terhadap demonstran.

Di media sosial juga beredar video memperlihatkan sejumlah demonstran berusaha menarik tubuh demostran lainnya ditengah suara tembakan.

Pada Senin, kantor berita semi-resmi Iran, Mehr, melaporkan seorang petugas polisi tewas dan tiga lainnya terluka di Kota Najafabad. Namun tidak dijelaskan kapan kejadian tersebut terjadi.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend