Siti Aisyah Jalani Sidang Perdana Kasus Pembunuhan Kim Jong Nam

Siti Aisyah Jalani Sidang Perdana Kasus Pembunuhan Kim Jong Nam

Sumber Foto : Istimewa

Pengadilan Malaysia hari ini, Rabu (1/3/2017) menggelar sidang pertama kasus pembunuhan Kim Jong Nam yang melibatkan Warga Negara Indonesia Siti Aisyah dan seorang wanita Vietnam bernama Doan Thi Huong.

Sidang perdana yang dilaksanakan di Pengadilan Sepang akan mendengarkan dakwaan dimana keduanya akan dijerat sesuai Pasal 302 KUHP tentang pembunuhan. Dan jika terbukti bersalah, kedua wanita tersebut terancam hukuman mati.

Baca : Wanita Asal Indonesia Terlibat Pembunuhan Kim Jong Nam, Netizen Berkomentar

Jaksa Agung Malaysia Mohamed Apandi Ali mengatakan bahwa dari hasil penyelidikan, baik Siti aisyah dan Doan diyakini telah memasukkan racun mematikan gas saraf VX ke wajah Jong-Nam, yang kemudian menewaskannya pada 13 Februari lalu

Sidang perdana kasus pembunuhan kakak tiri pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un dengan agenda pembacaan dakwaan ramai diperbincangkan netizen di media sosial khususnya twitter. Salah satunya berasal dari akun @7Edition_ntv7 yang menuliskan “Vietnamese Doan Thi Huong & Indonesian Siti Aisyah charged with the murder of Kim Jong-nam at the Sepang Magistrate’s Court.” 

Seorang netizen juga mengunggah video yang memperlihatkan pengawalan ketat pihak kepolisian terhadap persidangan ini. Ia pun menuliskan bahwa raut muka Siti Aisyah terlihat takut menghadapi sidang perdananya.

Baca : Netizen Ramai Perbincangkan Siti Aisyah, Terduga Pembunuh Kim Jong Nam

Dalam sidang pembacaan dakwaan ini, Siti Aisyah akan ditemai pengacara asal Malaysia Gooi Soon Seng yang telah ditunjuk Kementrian Luar Negeri lewat Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Malaysia.

Pemerintah Korea Selatan (Korsel) menyebut pembunuhan Jong-Nam dilakukan oleh para agen intelijen Korut. Otoritas Malaysia sendiri menyatakan ada delapan warga Korut yang diidentifikasi terlibat dalam kematian Jong-Nam ini. Mereka adalah Ri Ji-Hyon (33), Hong Song-Hac (34), Ri Jae-Nam (57), O Jong-Gil (34), kemudian Ri Ji-U (30) alias James, Hyon Kwang-Song (44), Kim Uk-Il (37), dan juga Ri Jong-Chol (47).

***

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend