AS Tembakkan Puluhan Rudal Ke Suriah Balas Serangan Gas Beracun Assad, Netizen Ramai Berkomentar

assad

(Sumber foto: detik.com/kumparan.com)

Presiden Amerika Serikat (AS)  Donald Trump memerintahkan serangan rudal terhadap sebuah pangkalan udara Suriah. Tindakan tegas itu diambil paska  serangan kimia yang memakan banyak korban jiwa di Suriah.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (7/4/2017), dalam mengumumkan langkah ini, Trump menyatakan dirinya bertindak untuk membela kepentingan keamanan nasional melawan Presiden Suriah Bashar al-Assad. Langkah ini tergolong langkah paling keras AS sepanjang 6 tahun konflik Suriah.  Langkah ini dinilai berpotensi memicu konfrontasi dengan Rusia dan Iran, sekutu dekat Assad.

“Bertahun-tahun upaya untuk mengubah perilaku Assad telah gagal dan gagal secara dramatis,” ujar Trump dari resor miliknya Mar-a-Lago di Florida, tempat dirinya bertemu dengan Presiden China Xi Jinping.

Dituturkan sejumlah pejabat AS yang enggan disebut namanya, sekitar 60 rudal Tomahawk ditembakkan dari sejumlah kapal perang Angkatan Laut AS, seperti USS Porter dan USS Ross, yang siaga di Laut Mediterania.

Rudal-rudal itu mengenai sejumlah target, termasuk landasan udara, pesawat tempur dan pusat pengisian bahan bakar yang ada di Pangkalan Udara Shayrat di Suriah. Kerusakan yang dipicu dari serangan AS ini belum diketahui pasti.  “Malam ini, saya memerintahkan serangan militer terarah terhadap pangkalan udara Suriah yang menjadi lokasi diluncurkannya serangan kimia,” tegas Trump.

“Ini penting bagi kepentingan keamanan nasional Amerika Serikat untuk mencegah dan menangkal menyebarnya penggunaan senjata kimia mematikan,” imbuhnya.

Serangan balasan oleh AS itu sontak memancing perhatian netizen Indonesia. Pantauan redaksi eveline, mendapati ragam komentar netizen terkait AS tembakkan 60 rudal ke Suriah balas serangan gas beracun Assad. Seorang netizen pun menulis, “Serangan kalian balas dengan serangan….. Sedangkan yg jadi korban tetaplah warga sipil, mending kalian pada cabut saja dari suriah, keberadaan kalian hanya menambah kehancuran dan kekacauan di suriah “, tulis Fajri Rinanda Chaniago nampak sesalkan jatuhnya korban sipil di Suriah.

Meski demikian ada pula netizen yang sependapat dengan keputusan AS menyerang Suriah.  “jika amerika tak ikut campur dalam keamanan dunia. ,, afganistan akan di kuasai taliban ,, mesir akan di kuasai muslim brotherhood, irak suriah akan di kuasai isis,, dan korut akan menuklir korsel, dunia akan hancur berantakan ee ente mau kyak gtu”, tulis netizen bernama Rendi Setyawan Saputro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Send this to friend