Ada Apa Dengan PT Conch South Kalimantan Asal Cina Itu? Netizen: Perlu Diperiksa!

PT Conch South Kalimantan

(Sumber foto: akun twitter @BangunSelaras78/@RoninNewsID)

Apa gerangan yang disembunyikan PT Conch South Kalimantan di lingkungan pabrik dan kantornya. Untuk bisa mengakses ke dalam, sulit luar biasa.  Jangankan wartawan, tentara dan stafnya Dinsosnaker yang berkunjung untuk mendata tenaga kerja asing yang bekerja di perusahaan asal China itu harus “terpental” keluar.

“Sebaiknya Anda datang dengan Pemerintah Kabupaten Tabalong kalau mau konfirmasi ke PT Conch South Kalimantan,” begitu yang dikatakan Kepala Petugas Pengamanan PT Conch South Kalimantan, Goldi ketika ditemui di perusahaan semen tersebut, Rabu (14/12).

Perkataan itu diucapkannya karena Radar Banjarmasin datang bermaksud mewawancarai Kepala Bagian Humas PT Conch South Kalimantan, Yandri di hari yang sama. Sebelum menemuinya, wajib melaporkan ke petugas keamanan setempat terlebih dahulu. “Tentara saja tidak boleh masuk, kalau tidak ada izin,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinsosnaker Kabupaten Tabalong H Yuhani mengatakan untuk konfirmasi ke PT Conch South Kalimantan memang sulit. Bahkan, pernah beberapa stafnya yang diutusnya untuk melaksanakan tugas tidak diperkenankan masuk. Padahal ingin mengawasi dan melakukan pendataan terhadap tenaga kerja asing di perusahaan tersebut. “Sulit masuk ke Conch, sebaiknya sekalian bawa surat saja dari dinas,” usulnya ketika ditemui wartawan.

Mengenai sulitnya mendapatkan akses masuk ke dalam PT Conch South Kalimantan oleh awak media, tentara, dan bahkan staf Dinsosnaker guna keperluan mendata tenaga kerja asing didalamnya, sontak menuai perhatian serius pengguna media sosial. Hingga para netizen pun ramai melontarkan ragam kecurigaan dan spekulasi miring.

“Negara di dalam negara.. kedoknya pabrik semen..Ayo tebaka apa isi perusahaan ini ? beneran semen atau ?”, dituliskan netizen pengguna jejaring Facebook bernama Melissa Ayunda, nampak menduga-duga.

Pantauan redaksi eveline, mendapati ragam komentar dan spekulasi netizen terkait apa yang disembunyikan PT Conch asal Cina itu?.  Berikut komentar netizen pada linimasa twitter. “PERLU DIPERIKSA. JGN2 ISINYA DAR DER DOR..BAHAYA.”. Kicau akun @ron_pal619 meminta agar perusahaan itu diperiksa, agar tak meresahkan masyarakat.

Beberapa netizen lain juga terlihat resah. “ngeri jg ya klo ky gn..”, kicau akun @ViviAlfiah6. “Ada apa dengan PT Conch…?”, tulis netizen @Meurah_Silu_Asy, yang serupa dengan komentar netizen dengan akun @ali_usman790, sebut, “ada apa dgn indonesia???”.

Selanjutnya, beberapa netizen diantaranya juga terlihat menyampaikan komentar bernada peringatan. “Waspada bahaya Ras Kuning”, tulis akun @Supriyatno47. Sedang netizen dengan akun @Si_Lontong, menyoroti soal adanya tulisan aksara Cina pada pintu gerbang masuk ke kawasan pabrik tersebut, “Ada Tulisan Cina”.

Dan menariknya, seorang netizen lain dengan akun  @Kang_Likhin, menulis, “kata teman yg pernah di PT. Conch nyaris 90% pekerjanya cina dan banyak yg berstatus NAPI”.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *