Batalkan Syarat Tabungan pada Pemohon Paspor, Netizen Anggap Ditjen Imigrasi Inkonsisten

Batalkan Syarat Tabungan pada Pemohon Paspor, Netizen Anggap Ditjen Imigrasi Inkonsisten

Sumber foto: peruri / detik

Persyaratan saldo minimal Rp 25 juta untuk pemohon paspor yang diberlakukan oleh Ditjen Imigrasi terus menjadi tanda tanya. Kabar terakhir menyebut bahwa pihak Imigrasi telah membatalkan persyaratan tersebut. Keputusan diambil karena banyaknya respons yang muncul dari masyarakat terkait persyaratan itu.

“Sebagai pembuatan kebijakan kami tidak boleh tutup mata. Dari hasil analisa kami terhadap apa yang berkembang di media dan masyarakat, kata Rp 25 juta itu kami hapus karena sampai saat ini masyarakat belum bisa memahami maksud dari syarat Rp 25 juta itu,” ujar Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Agung Sampurno, Senin (20/3).

Lebih lanjut, menurut analisa, Agung menilai bahwa masyarakat cenderung memberikan respon negatif pada persyaratan saldo minimal Rp 25 juta untuk pemohon paspor.

Meski persyaratan tersebut telah dihapus, pihak Imigrasi tetap akan melaksanakan serangkaian proses pemeriksaan untuk mencegah terjadinya TKI nonprosedural. Salah satunya dengan mendalami motif pemohon melalui wawancara mendalam dan berdasarkan gestur tubuh pemohon.

Disisi lain, pengguna media sosial twitter menyoroti langkah pihak Imigrasi ini. Pengguna twitter mempertanyakan konsistensi pernyataan Imigrasi soal peraturan saldo minimal tabungan pemohon paspor.

“@detikcom makanya sebelum bikin peraturan pikir dulu cocok gak utk di Indonesia,” kicau pengguna twitter dengan akun @fiensoekardjono yang menyebut seharusnya pihak Imigrasi lebih matang dalam membuat keputusan.

Kicauan sindiran juga datang dari akun @addosavansyah. “@detikcom plin plan detected. Kalo bikin peraturan hendaknya dipikir manfaat dan akibatnya pak. Jgn asal bikin. Liat sikon lah.”

Ada juga yang menyayangkan konsistensi Ditjen Imigrasi dalam membuat peraturan. “@detikcom yaaah.. bikin statement selevel ditjen kok gak konsisten gitu.. next time rakyat ragu dg kluaran lain coba aja..blom jg 2 mggu,” tulis pemilik akun @wytt399.

Sebelumnya, Ditjen Imigrasi membuat peraturan pada para pemohon paspor. Para pemohon paspor diharuskan memiliki saldo tabungan minimal Rp 25 juta. Syarat ini sebelumnya diberlakukan kepada pemohon paspor baru yang bertujuan wisata namun tak punya pekerjaan tetap. Penentuan diminta tidaknya syarat tambahan ini sebelumnya diserahkan kepada penilaian petugas imigrasi.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend