Citilink, Lion Air, Dan Batik Air Bebas Terbang Ke Eropa, Netizen Terkejut

Citilink

(Sumber foto: bisniskeuangan.kompas.com/totosp.wordpress.com)

Tiga maskapai penerbangan milik Indonesia yakni, Citilink, Lion Air dan Batik Air telah dibebaskan dari daftar hitam, dan kini diperbolehkan terbang ke Eropa setelah lolos uji standar keselamatan yang dikeluarkan  pihak Otoritas penerbangan sipil Uni Eropa.

Pernyataan tersebut disampaikan pada Kamis (16/6/2016), oleh Komisaris Transportasi Uni Eropa, Violeta Bulc, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (16/6/2016). “Dengan senang hati saya mengumumkan, bahwa kami sekarang juga mengizinkan pesawat  Batik Air, Lion Air, dan Citilink, untuk kembali mengudara di langit Eropa,” kata Bulc.

“1.Indonesia menyambut baik keputusan Komisi Eropa yang mengizinkan kembali Batik Air, Citilink, & Lion Air beroperasi di wilayah Uni Eropa. 2. Dengan berlakunya keputusan tersebut, ketiga maskapai telah dikeluarkan dari daftar hitam maskapai yang dilarang masuk Uni Eropa”. Dikicaukan akun twitter resmi Kementerian Luar Negeri RI lewat akun @Portal_Kemlu_RI.

Selain Violeta Bulc, Menteri Retno juga mendapat pemberitahuan tersebut dari Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Guerend. Dia mengatakan kabar ini adalah kabar baik. “Besok saya akan melakukan konferensi pers,” kata Guerend.

Melalui akun twitternya @DubesUniEropa Vincent Guérend, juga sempat menulis pesan berikut, “Batik air, Citilink & Lion Air are taken off the EU #AirSafetyList. Goods news for travelers! @kemenhub151”, nampak ditujukan kepada akun Kementerian Perhubungan RI.

Sementara itu, menurut para peneliti aviasi, keputusan penghapusan Lion Air dari daftar hitam tersebut, bisa menyebabkan maskapai tersebut membeli lebih banyak pesawat. Sekitar 216 penerbangan lainnya masih berada di dalam daftar itu, akibat kurangnya pengawasan keamanan dari otoritas penerbangan di negara asal mereka. Beberapa maskapai asal Indonesia, seperti Sriwijaya Air hingga Pelita Air masih tercantum didalamnya.

Pantauan redaksi eveline  pada media sosial twitter, mendapati ragam kicauan netizen perbincangkan mengenai maskapai penerbangan Indonesia yakni, Citilink, Lion Air dan Batik Air telah dibebaskan dari daftar hitam terbang ke Eropa. Berikut kicauan netizen terpantau tim redaksi eveline pada linimasa twitter.

“ga cuman air asia doang yaa”, sebut seorang netizen dengan akun @silvyhanindya, nampak terkejut ketika mendengar kabar ada maskapai lain selain Air Asia, juga dapat mengudara di langit Eropa.

Selanjutnya netizen dengan akun @pengkie, menulis,“lion air??????”, nampak mempertanyakan kesiapan Lion Air untuk terbang ke Eropa. Sedang seorang netizen lain juga nampak bertanya terkait mesin pesawat, “mesinnya kuat ndak”, dikicaukan akun @hikkdun. sedikit memberikan sindiran.

Untuk diketahui, pada 2015 lalu, Komite Keselamatan Udara Uni Eropa baru mengeluarkan daftar maskapai dunia yang boleh terbang ke kawasan Uni Eropa. Dari audit tersebut, baru 4 maskapai penerbangan asal Indonesia yang boleh terbang ke Benua Eropa seperti Garuda Indonesia, Indonesia AirAsia, Airfast Indonesia, dan Premi Air. Sedangkan puluhan maskapai lainnya masih dilarang terbang ke wilayah udara Uni Eropa karena alasan keselamatan.

Keempat maskapai yang lolos tersebut sebelumnya telah diajukan oleh Kemenhub ke otoritas Uni Eropa. Setelah menjalani proses audit, Otoritas Uni Eropa menyatakan keempat maskapai tersebut lolos standar keselamatan. Hasil audit Uni Eropa merujuk pada hasil audit International Civil Aviation Organization (ICAO).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend