Dua Bus Pekerja Tiongkok Kabur Hindari Razia Imigrasi Di Gresik, Netizen: Hebat Kan!

razia

(Sumber foto: akun twitter @posmetroinfo/www.razhack.xyz)

Mendengar  informasi akan ada razia dari pihak Imigrasi, sebanyak dua bus berisi para tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok, diduga sengaja dibawa kabur keluar dari pabrik amoniak II di Gresik pada Jumat siang.

Berdasarkan informasi warga Meduran Nafirin, tempat puluhan tenaga kerja asing ditampung, mereka berasal dari Tiongkok. Mereka biasanya masuk pabrik pagi-pagi dan baru keluar sore hari.

Mereka bekerja di salah satu pembangunan pabrik amoniak II, dibawah naungan PT Petrokimia, BUMN pembuat pupuk. Selama setahun terakhir ini, mereka menyewa lahan, di Meduran Manyar dan dijadikan bangunan mess, dengan harga sewa sekitar 70 juta pertahun.

Di sekitar Meduran terdapat beberapa tempat yang dijadikan tempat menampung para tenaga kerja asal Tiongkok ini. Sebelumnya, saat mendengar akan ada razia, mereka bersembunyi dengan imbalan membayar uang.

Namun, sebelum salat Jumat, ada dua bus penuh muatan tenaga kerja asing sengaja dibawa keluar dari areal pabrik. Mereka masuk tol, melalui pintu tol Manyar. Diduga mereka sengaja diamankan, karena khawatir ada razia pihak imigrasi. Sebab banyak dari mereka yang tidak memiliki dokumen lengkap alias ilegal.

Bahkan saat tim pojokpitu.com membuntuti bus yang kabur, para tenaga kerja asing langsung menutup tirai bus. Mereka diangkut dengan bus nopol L 7043 UV dan nopol S 7055 UM.

Untuk diketahui, persoalan TKA ilegal asal Tiongkok serupa ini, juga terjadi di beberapa tempat. di Sultra misalnya, visa wisata milik WNA Tiongkok di sana sebagian besar justru disalahgunakan untuk bekerja. (Baca: Banyak WNA Cina Di Sultra Gunakan Visa Wisata Untuk Bekerja, Netizen: Sangat Meresahkan).

Tak hanya di Sultra, Polda Banten juga pernah menangkap 70 WNA asal Cina yang bekerja di PLTU Puloampel, Kabupaten Serang. Para WNA Cina itu ditangkap pada 1 Juli 2016 oleh aparat Subdit I Industri dan Perdagangan (Indag) Reserse Kriminal Khusus (Krimsus) karena diduga tak memiliki dokumen. (Baca juga: Soal Beredarnya Video Pekerja Cina Berantem di Indonesia, Netizen: Usir Dari NKRI).

Pantauan redaksi eveline, mendapati netizen berkomentar terkait dua bus TKA Tiongkok kabur hindari razia imigrasi di Gresik.  Berikut komentar netizen pada linimasa twitter. “jangan2 mrk ini yg katanya turis nih…berwisata ke #Indonesia bs langsung dpt kerja…HEBAT kan!”. Kicau akun @YWakhyudi, sampaikan dugaan dan sindirannya.

Sindiran juga dilontarkan netizen lain yang kesal dengan maraknya dugaan TKA illegal asal Tiongkok, “Eeeaaa…eeaaaa… Lanjutkeun…ngapain kabur.. Welcome to negri indochina..”. tulis netizen dengan akun @AlmaghribiS.

Selanjutnya, seorang netizen dengan akun @segitudi nampak menyoal penghidupan yang layak bagi TK WNI, “bgmn ini… TK WNI kan masih banyak yg nganggur, kok malah gak dpt perlindungan atas penghidupan yg layak?.”

Kritik terhadap pemerintah disampaikan netizen berikut, “Ayo tangkap otak di balik banjirnya buruh asal RRC! Rakyat Indonesia sendiri diabaikan. Pengkhianat bangsa hrs sgr dihukum berat*_*”, dikicaukan akun @kamandaka dengan geramnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend