Gelar Demo Serentak, Aksi Aliansi BEM Curi Perhatian Netizen

Gelar Demo Serentak, Aksi Aliansi BEM Curi Perhatian Netizen

Ilustrasi foto: kompasiana / kompas

Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) seluruh Indonesia berencana menggelar aksi demo serentak hari ini, Kamis (12/10). Kabarnya, demo akan digelar serentak pada 19 titik di seluruh Indonesia. Demo hari ini digelar serentak di 19 kota di Indonesia antara lain Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Pontianak, hingga Merauke.

Di Jakarta, demo akan terpusat di kawasan sekitar Istana Negara. Dikutip dari CNN, belum diketahui jumlah mahasiswa yang hadir dalam demo di Jakarta itu. Di Jawa Timur, kata Choirudin, demo akan dipusatkan di Tugu Pahlawan, Surabaya. Setelah itu, massa mahasiswa akan berjalan menuju Gedung DPRD. Sedang di Jogjakarta, aksi akan dimulai dari Tugu Yogyakarta, lalu long march menuju DPRD

Aksi demo aliansi BEM seluruh Indonesia ini pun tak luput dari perhatian para pengguna media sosial twitter. Pengguna twitter ramai berkicau soal demo serentak yang dilakukan hari ini. “Oya hr ini ada demo bela rakyat ktny gabungan bbrp BEM soal kenaikan hrg… Byk polisi nih istana negara,” sebut pengguna akun twitter @van2fabiole yang berkicau soal demo BEM di Istana Negara, Jakarta.

Pengguna twitter dengan akun @mustari_anje menyebut aksi demo juga akan dilakukan mahasiswa di Bima, NTB. “Stkip bima,hari mahasiswa mlakukan demo mngenai kenaikan harga 9 bahan pokok di tahun 2017.”

Berbeda dengan akun @sky_wijaya95 yang mempertanyakan tujuan demo mahasiswa. “@cagubnyinyir, apa yg di demo,bbm premium harga tetap kok, listrik buat rakyat kecil 450kva jg tidak naik, kalau harga cabai itu krn cuaca.”

Ada juga pengguna twitter yang menyerukan bahwa demo mahasiswa adalah sebuah hal yang lumrah. “@Gemacan70 biasalah Mahasiswa demo, harus kritis jadi kebijakan pak jkw bisa pro rakyat, harus selalu mengingatkan,” cuit pemilik akun @Antohas6.

Demo ini sendiri dilakukan untuk mengajukan tiga tuntutan kepada pemerintah. Salah satunya adalah menuntut dicabutnya PP No.60 Tahun 2016 tentang kenaikan tarif penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Selain itu, Aliansi BEM seluruh Indonesia juga menolak kenaikan tarif dasar listrik golongan 900 VA. Mereka juga nantinya akan mendesak dikembalikannya subsidi untuk tarif dasar listrik golongan 900 VA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *