GNPF MUI Kawal Sidang Tuntutan Ahok, Netizen: Bukti Aksi Bela Islam Tak Terkait Pilkada

GNPF MUI

(Sumber foto: umatuna.com/sindonews.com)

Massa GNPF MUI terlihat masih tetap mengawal sidang tuntutan terdakwa penista agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Kementerian Pertanian (Kementan), Kamis (20/4). Tak hanya massa dari GNPF MUI, massa pendukung Ahok juga berada di depan Kementan.

Koordinator Persidangan GNPF MUI Nasrulloh Nasution kembali mengingatkan akan pentingnya sidang pembacaan tuntutan hari ini. “Surat tuntutan JPU akan mulai dibacakan pukul 09.00 WIB dan ini sangat penting artinya bagi proses penegakan hukum di Indonesia terutama dalam kaitan dengan pemberhentian sementara Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta”, ujar dia kepada Republika.co.id, Kamis.

Nasrulloh mengatakan dengan dibacakannya tuntutan pidana kepada Ahok pagi ini, maka Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tidak akan bisa mengelak lagi. Sebagaimana diketahui, Kemendagri sempat berdalih pemberhentian sementara terhadap Ahok harus menunggu surat tuntutan JPU.  “Segera setelah pembacaan surat tuntutan, mereka (kemendagri) harus memberhentikan Ahok, ini adalah amanat Pasal 83 UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah”, terangnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Argo Yuwono mengatakan, pengamanan untuk sidang ini tetap sesuai dengan SOP yang berlaku, meskipun jumlah massa yang mengawal sidang ini tidak terlalu banyak. “Seperti biasanya, pengamanan sidang hari ini dilakukan sesuai SOP yang ada,” ujarnya di Kementan, Jakarta Selatan, Kamis (20/4/2017).

Argo menambahkan ribuan polisi siap dikerahkan untuk berjaga di titik-titik yang ada di Kementan apabila jumlah massa bertambah di kedua kubu tersebut.

Pantauan redaksi eveline, mendapati komentar netizen terkait GNPF MUI tetap kawal sidang Ahok. Berikut komentar netizen, “Harus terus berlanjut… Ini tidak ada hubungannya dengan Pilkada”, dituliskan netizen bernama Andy Munawwir nampak menguatkan bukti bahwa pengawalan GNPF MUI itu tak terkait pilkada DKI.  Hal senada juga disampaikan netizen dengan akun @BrataRobinto, “Ini bukti kalau gerakan bela islam gak ada hubungannya dengan jegal menjegal calon gub dlm pilkada DKI”.

LIVE STREAMING Sidang Tuntutan Ahok dari Kementerian Pertanian (Kementan) https://goo.gl/uR7R8k

Posted by Liputan6.com on Wednesday, April 19, 2017

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*