Jadi Imam, Cara Sholat Presiden Joko Widodo Jadi Perdebatan Netizen

Jadi Imam, Cara Sholat Presiden Joko Widodo Jadi Perdebatan Netizen

Sumber foto: liputan6 / detik

Presiden Joko Widodo memimpin sholat dengan menjadi imam saat berada di Masjid Al Fattah, Ambon. Sebagai makmum dibelakang Jokowi, berdiri mantan Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Hal tersebut juga diceritakan oleh Lukman Saifuddin. “Beliau (Jokowi) mengimami salat asar jamak qasar selepas salat Jumat di Masjid Al-Fattah, Ambon, siang tadi,” kata Lukman seperti dikutip dari Detik, Jumat (23/2).

Jokowi yang menjadi imam ini pun ramai dibicarakan di media sosial twitter. Salah satunya adalah komentar dari pengguna twitter dengan akun @Kumudayap28 yang mengatakan bahwa Jokowi bisa jadi teladan untuk rakyatnya. “@TsamaraDKI tanpa jadi imam sholat, pak jokowi tlh jadi teladan rakyat ttg kesederhanaan, rasa syukur, kepedulian dan kerja bagi byk org.”

Berbeda dengan komentar dari akun @andilogic menyindir pihak- pihak yang masih mempermasalahkan bila Jokowi menjadi Imam. “Serba salah jadi Jokowi, ga kelihatan solat dipermasalahin, sholat dibilang pencitraan. Giliran jadi imam solat ditanya kadar keilmuan. Beh.”

Pemilik akun @dekunto juga melontarkan kicauan serupa. Pemilik akun ini tak mempermasalahkan bila Presiden RI ke-7 itu menjadi imam sholat. “@TPK_RI Lho apa yg aneh, Jokowi jd Imam ya layaklah, saat ini Jokowi sdh jadi Imam bangsa Indonesia, pa lagi Imam wt Sholat,”

Sebelumnya memang banyak pihak yang mempermasalahkan cara Jokowi memimpin sholat. Pemilik akun twitter @destiara mengungkapkan cara Jokowi memimpin sholat sangat aneh. “Bapak @jokowi sbnrnya bapak tu Islam bnran atau bukan sih?! Msa sholat zhuhur baca alfatihah dan surat pendeknya jahron?! Sya liat video tu.”

Banyaknya perdebatan terhadap kepemimpinan Jokowi saat menjadi imam tersebut akhirnya mendapat tanggapan dari Din Syamsudin, salah satu makmum yang berdiri di belakang Jokowi saat itu.

Din menilai, kepemimpinan Jokowi sebagai imam sholat saat itu tak perlu diperdebatkan. Ia mengaku bahwa sebelumnya Jokowi menyuruhnya untuk menjadi imam. Namun Din menolaknya, kemudian ia meminta Jokowi sendiri yang memimpin sholat tersebut karena ia menilai Jokowi juga sangat pantas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend