Kemendagri Sebut Buat E-KTP Hanya Bawa KK ke Kecamatan, Netizen Tak Percaya

Kemendagri Sebut Buat E-KTP Hanya Bawa KK ke Kecamatan, Netizen Tak Percaya

Sumber foto: ektp / setkabgoid

Merasa banyak dikeluhkan, Kemendagri kini telah mempermudah proses pembuatan E-KTP. Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif mengatakan bahwa pembuatan E-KTP tidak memerlukan surat keterangan dari RT atau RW lagi. Cukup dengan membawa Kartu Keluarga ke Kecamatan, proses pembuatan E-KTP sudah dapat dilakukan.

Pantauan redaksi Eveline, pengguna media sosial twitter tak sepakat dengan pernyataan Kemendagri yang menyebut pembuatan E-KTP hanya dengan mambawa KK ke Kecamatan. “@detikcom bohong!!! Aku bbrp bulan lalu ditolak, harus pake surat pengantar dr kelurahan.” sebut akun twitter @AdimasBagus yang mengaku harus tetap membawa surat pengantar.

Kicauan senada juga diungkapkan akun @bbmrachel. Ia mengaku sebulan lalu masih membawa surat pengantar untuk mengurus E-KTP. “@detikcom ini brlaku mulai kapan pak @tjahjo_kumolo? soalnya sebuan lalu kmi msh dsuruh akai surat pengantar.”

Ada juga pengguna twitter yang berharap semoga pernyataan Kemendagri ini benar. “@detikcom mudah2an emg benar. Soalnya ngurus di RT kmrn dimintain duit. Dan gk capek lg bolak balik,” kicau @feeettreee.

Pembuatan E-KTP yang memakan waktu cukup lama pun membuat para warga menggunakan jasa calo. Hal ini dikarenakan calo yang menawarkan jasa pembuatan E-KTP dengan waktu hanya sehari saja. Zudan mengatakan bahwa warga tak seharusnya terpancing dengan jasa calo. Ia menilai bahwa itu adalah perbuatan para oknum yang masih terus ditelusuri. Para oknum itupun nantinya akan diberi sanksi tegas oleh Kemendagri.

Sementara itu, petugas di beberpaa daerah menyebutkan bahwa mereka masih menggunakan cara lama yakni dengan memakai surat pengantar atau kererangan dari RT atau RW setempat. Hal ini dilakukan karena mereka belum menerima edaran dari pihak Kemendagri yang menyebutkan bahwa pembuatan E-KTP hanya cukup dengan membawa KK ke Kecamatan saja. Mereka mengaku tak dapat bertindak sebelum menerima surat edaran dari pihak terkait.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend