Libatkan Dua Belas Ribu Penari, Tari Saman Pecahkan Rekor Dunia

Libatkan Dua Belas Ribu Penari, Tari Saman Pecahkan Rekor Dunia

Sumber foto: global / lintasgayo

Tarian dari Aceh yakni Tari Saman belakangan menjadi sorotan. Pasalnya tari khas Aceh tersebut kabarnya telah memecahkan rekor dunia. Tari Saman yang dilakukan di Stadion Seribu Bukit, Kabupaten Gayo Lues, Aceh, Minggu (15/8) kemarin itu diikuti lebih dari dua belas ribu penari.

Dikutip dari Kompas, tari tersebut dilakukan di atas panggung utama Pagelaran Saman 10001 Penari. Tari Saman yang dilakukan oleh dua ribuan penari ini ternyata juga mendapat penghargaan Rekor MURI. Penghargaan MURI diserahkan langsung oleh Manager MURI, Andre Purwandono, kepada Bupati Gayo Lues, Ibnu Hasyim.

Penghargaan tersebut pun juga tak luput dari pantauan media para negera tetangga. Dari Filipina, Manilla Bulletin, mengangkatnya dalam rangkuman artikel berjudul “Record-breaking dance in Indonesia’s Aceh promotes unity”.

“Museum Rekor Indonesia bersertifikat sebagai memecahkan rekor nasional dengan lebih dari 10.000 peserta — mengalahkan rekor tahun lalu dengan 6.600 peserta,” tulis Manila Bulletin.

Media Malaysia, The Star Online, juga tak ketinggalan mengangkat berita tersebut. Dalam tulisan “Record-breaking dance in Indonesia’s Aceh promotes unity”, disebutkan bahwa pertunjukan lagu dan tarian yang memecahkan rekor itu dilakukan guna melestarikan taman nasional di provinsi paling barat Aceh.

Pemerintah Gayo Lues untuk kedua kalinya sukses memecahkan rekor dunia setelah pada 2014 menghadirkan penari sebanyak 5.057 peserta. Tari Saman Gayo telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia pada 24 November 2011.

One thought on “Libatkan Dua Belas Ribu Penari, Tari Saman Pecahkan Rekor Dunia

  1. Syafruddin

    Tari saman massal tidak perbah dimainkan oleh 6.600 penari. Yang pernah th 2014 dengan jumlah penari 5057 dan tanggal 13 Agustus 2017 12.262. ditambah pemandu 15 orang. Yang 6.600. itu tarian RATEOH JAROE, untuk dimaklumi.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend