Massa Pro- Kontra Ahok Ramaikan Sidang di PN Jakpus

Massa Pro- Kontra Ahok Ramaikan Sidang di PN Jakpus

Sumber foto: twitter porosanonim

Seperti sidang perdana kasus dugaan penistaan agama, pada sidang kedua juga diramaikan oleh massa pro- kontra Ahok. Massa pro Ahok terdiri dari para simpatisan dan para pendukung Gubernur nonaktif DKI Jakarta tersebut. Sedang massa yang kontra antara lain dari FPI, Persaudaraan Muslimin Indonesia dan Aliansi Pergerakan Islam Jawa Barat.

Tak hanya datang, mereka juga membawa atribut- atribut berupa spanduk dan bendera. Para massa kontra Ahok membawa spanduk- spanduk bertuliskan tuntutan agar Ahok dipenjara. Dikutip dari Detik, tidak hanya massa yang kontra, para pendukung Ahok juga memberikan support kepada Cagub DKI Jakarta petahana itu. Massa yang mayoritas mengenakan kemeja kotak-kotak itu mengusung spanduk yang bertuliskan meminta agar Ahok dibebaskan.

Meski memiliki tuntutan berbeda, massa tetap beraksi damai. Polisi mengerahkan 3 ribu personel untuk mengamankan jalannya sidang yang kali ini mengagendakan pembacaan tanggapan jaksa penuntut umum atas nota keberatan (eksepsi) Ahok. Lokasi dua massa itu dipisahkan dan dijaga aparat agar situasi tetap kondusif.

Barisan polwan juga dikerahkan melakukan pengamanan massa. Sementara itu, lalu lintas di sekitar lokasi sudah mulai padat karena kelompok massa ini sudah menutup 2 lajur jalan.

Setelah sidang selesai, para pendukung Ahok dan massa yang berasal dari ormas masing- masing membubarkan diri. Terdakwa Ahok pun sudah meninggalkan area persidangan sehingga massa diminta pihak kepolisian untuk membubarkan diri.

Ribuan massa ormas Islam pun membubarkan diri. Namun, mereka berjanji akan kembali datang ke pengadilan untuk mengawal persidangan dan memastikan Ahok dipenjara karena telah menistakan agama. Begitu juga dengan puluhan pendukung Ahok mulai membubarkan diri.

Diberitakan sebelumnya, sidang kasus dugaan penistaan agama dengan terlapor Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok kembali digelar, Selasa (20/12). Agenda persidangan yang digelar di PN Jakarta Utara, Jl Gajah Mada adalah tanggapan dari jaksa penuntut umum atas nota keberatan Ahok.

Pada persidangan tersebut, jaksa menolak seluruh keberatan Ahok dan penasihat hukumnya. Tak hanya itu, jaksa juga meminta majelis hakim menyatakan surat dakwaan terkait penodaan agama telah dibuat secara sah menurut hukum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend