Menangkan Gugatan di Pra Peradilan, Netizen Sebut La Nyalla Sakti

Menangkan Gugatan di Pra Peradilan, Netizen Sebut La Nyalla Sakti

Sumber foto: surabayanews / memo-x

Ketua Umum PSSI, La Nyalla Mataliti membuat publik terkejut hari ini. Dikabarkan, La Nyalla berhasil memenangkan gugatan pra peradilan terkait statusnya sebagai tersangka penyelewengan dana hibah Kadin Jatim, Selasa (12/4). Kejaksaan Tinggi Jawa Timur melakukan kesalahan atas Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana dalam menetapkan pemohon sebagai tersangka. Hal ini diungkapkan langsung oleh Ferdinandus, Hakim Tunggal pada persidangan pra peradilan La Nyalla.

“Sementara itu, secara material, perkara yang disidik oleh termohon, yaitu penggunaan dana hibah Kadin Jatim tahun 2012, untuk pembelian IPO (initial public offering), adalah perkara yang sudah diperiksa dan diadili dengan terpidana Diar Kusuma Putra dan Nelson Sembiring, yang telah incracht (in kracht van gewijsdeatau berkekuatan hukum tetap) pada 26 Desember 2015,” kata Ferdinan seperti dikutip Kompas.

Baca : Dikabarkan Sudah Terbang ke Malaysia, Netizen Sebut La Nyalla Buron

Lanjut Ferdinan, semua alat bukti yang diajukan termohon, Kejati Jawa Timur sebagai syarat pengembangan perkara adalah bukti lama yang telah diperiksa pada persidangan sebelumnya.

La Nyalla pun menjadi bahan pembicaraan di media sosial twitter. Pantauan redaksi Eveline periode 12 April mendapati 12.298 tweet perbincangan tentang La Nyalla. Pengguna twitter menyebut La Nyalla seorang yang sakti. “La Nyalla menang lagi di Pra Peradilan…Sakti betul keponakan Ketua MA ini,” sebut akun @NapiPKS.

“La Nyalla pulangnya kapan ? Kok tau2 menang di sidang pra peradilan ? Sakti nih orang,” kicau @jonathan_riska.

Ada pula pengguna twitter yang menyebut KPK harus mengambil alih kasus La Nyalla ini. “Ayo @KPK_RI ambil alih kasus La Nyalla. LNM dan kroninya di PSSI slalu menang di pengadilan. Patut dicurigai ada suap menyuap Hakim.” tweet @kang_chanz.

Sementara itu, tim Kejati Jawa Timur mengaku kecewa dengan putusan hakim. Dari 59 alat bukti yang mereka suguhkan, tak satu pun yang dipertimbangkan oleh hakim. Sebelumnya diberitakan, Kejati Jawa Timur menetapkan La Nyalla sebagai buron. Status buron ini ditetapkan karena pria yang juga menjabat sebagai Ketua Kamar Dagang Indonesia Provinsi Jawa Timur tersebut sudah tiga kali tak menghadiri pemanggilan untuk pemeriksaan.

Baca : Pendukung La Nyalla Demo Kejati Jatim, Netizen Menanggapi Nyinyir

La Nyalla ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penggunaan dana hibah pada Kadin Jatim untuk pembelian IPO Bank Jatim. Penetapan tersangka ini dijatuhkan langsung oleh Tindak Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Tinggi Jawa Timur.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend