Netizen Dukung LBH Desak Pemerintah Tindak Tegas Ormas Intoleran di Bali dengan UU Ormas

UU Ormas

(Sumber Foto: FB Taqin/portal-islam.id)

Ormas yang melakukan pengusiran terhadap Ustadz Abdul Shomad harus ditindak tegas. Pemerintah harus menindak tegas mereka dengan menerapkan UU Ormas tanpa pandang bulu.

Direktur Legal LBH Street Lawyer, M. Kamil Pasha mengatakan, nyata-nyata ormas tersebut telah bertentangan dengan Pasal 59 Ayat 3 UU tentang Ormas (Ex Peraturan Pemerintah Pengganti UU RI No 2 Tahun 2017). “Ormas dilarang melakukan tindakan permusuhan terhadap suku, agama, ras, atau golongan,” kata Pasha melalui keterangan tertulis kepada Republika.co.id, Ahad (10/12).

Ia menerangkan, ormas juga dilarang melakukan penyalahgunaan, penistaan atau penodaan terhadap agama yang dianut di Indonesia. Ormas dilarang melakukan tindakan kekerasan, mengganggu ketenteraman dan ketertiban umum atau merusak fasilitas umum serta sosial.

Ia melanjutkan, ormas dilarang melakukan kegiatan yang menjadi tugas dan wewenang penegak hukum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Oleh karena itu, LBH Street Lawyer dengan tegas meminta, pertama, pemerintah dan Kepolisian untuk menerapkan UU Ormas tanpa pandang bulu kepada ormas, pengurus dan anggota dari ormas radikal yang terlibat dalam persekusi terhadap Ustaz Abdul Shomad di Denpasar, Bali. “Kedua, meminta Kepolisian melakukan tindakan tegas dengan segera menangkap dan memproses hukum pengurus dan anggota ormas radikal dan intoleran tersebut agar kejadian serupa tidak terulang kembali di Bali,” ujarnya.

Pasha melanjutkan, yang ketiga, meminta pemerintah untuk membubarkan ormas radikal dan intoleran tersebut. Sekali lagi, ditegaskan dia, LBH Street Lawyer meminta kepada pemerintah dan Kepolisian untuk menegakkan keadilan dan persamaan di depan hukum tanpa pandang bulu. Serta tanpa pilih kasih, demi menjaga persatuan dan kesatuan di NKRI tercinta.

Simak video saat penolakan Ustad Abdul Somad oleh ormas intoleran di Bali, berikut:

Abdul Somad Bali

SAKIT HATI KAMI MENDENGAR KALIAN MENGHARDIK USTADZ KAMITUNJUKKAN JIKA KALIAN MEMANG UMAT YANG MENJUNJUNG TINGGI TOLERANSI!!! ..ALLAHU AKBAR!!! ..Ini adalah hotel dimana Ustad abdul somad menginap di Bali@muslim.fact

Posted by Ngaji Online Aswaja on Saturday, December 9, 2017

Berikut pantauan redaksi eveline, mendapati komentar netizen di media social. “ Iyah usut sampai tuntas bubarkan saja ormah yg intoleran seperti ini dapat memicu kemarahan umat islam seindonesia terutama para jamah ustad abdus somad”, tulis netizen bernama Apri Andi dukung upaya LBH. Dukungan menguat dengan komentar netizen bernama Bang Nadim, “Mantap usut tuntas yg memburu ulama dengan sajam, nubarkan dengan perpu ormas”.

Sebuah sindiran dilontarkan netizen dengan akun Cecep Cepy terhadap ormas tersebut, “Tidak ada sopan santun sama tamu …. piknik ke luar Bali Bli…. biar faham Indonesia … malu dong sama keagungan Pulau Bali … masa sikapnya kasar gitu… merusak citra masyarakat Bali pada umumnya … padahal kan Bli percaya sama karma?”.

Meski demikian, ada juga netizen sampaikan pesan bijak, “Sangat menyakitkan hati, awas jangan mau diprofokasi, lebih baik kita do’akan guru UAS, semoga beliau selalu dalam lindungan Allah, aamiin, aamiin, aamiin, ya robbal ealamin”, disampaikan netizen bernama Muhammad Jamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend