Netizen Komentari Skandal Seks dan Uang Uskup Ruteng

Netizen Komentari Skandal Seks dan Uang Uskup Ruteng

Sumber foto: uca / florespost

Monsinyur (Msg) Hubertus Leteng mungkin nama yang asing di telinga kita. Namun nama pria ini belakangan mulai ramai menjadi perbincangan. Leteng merupakan pemimpin Keuskupan Ruteng di Nusa Tenggara Timur. Kabarnya, ia yang mengajukan pengunduran dirinya ini terkait dengan skandal seks dan uang.

Dikutip dari BBC, Leteng yang kini berusia 58 tahun mengundurkan diri lebih cepat dari masa pensiunnya sebagai uskup yang masih berkisar 17 tahun lagi. Leteng sendiri belum menjelaskan alasan dirinya mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pemimpin pastoral di Keuskupan Ruteng, Rabu (11/10).

Sebelumnya Vatikan telah menyelidiki laporan-laporan yang menyebutkan bahwa dirinya secara diam-diam meminjam uang sebesar US$ 94.000 atau sekitar Rp 1,2 milyar dari Konferensi Waligereja Indonesia atau KWI. Dia juga diduga telah mengambil uang sebesar US$ 30.000 atau sekitar Rp 400 juta dari keuskupannya.

Tak hanya itu, pengunduran Leteng ini dikabarkan juga karena menjalin hubungan intim dengan seorang perempuan.

Kasus Leteng ini pun kini ramai dikomentari oleh para pengguna media sosial twitter. Salah satunya adalah adalah pemilik akun twitter @youaresee yang menyebut ini kasus penyelewengan dana hanyalah kasus selingan. “Ini sepertinya hanya kasus selingan, kasus utamanya adalah masalah Feremfuan…”

Berbeda dengan komentar akun @indoflanker yang berkicau seharusnya uskup Leteng malu dengan perbuatannya. “Lakukan apa yang kau khotbahkan, Tuan Uskup. #malu.”

Ada juga pengguna twitter yang menyebut kasus penyelewengan dana ini harus ditindak hukum. “Harus tindak hukum!” seru akun @LarasParamita.

Mendengar kabar bahwa dirinya sedang menjadi perbincangan masyarakat karena kasus penyelewengan dana dan perempuan, Leteng angkat bicara. Ia mengakan bahwa semua itu tidak benar. Terkait kasus pengelewengan dana, Leteng mengatakan dana tersebut digunakan untuk mendidik kaum muda yang miskin.

Dalam laporannya pada Juni lalu, The Catholic Herald mengungkapkan bahwa sebagian uang tersebut digunakan Leteng untuk membiayai seorang pemuda dari keluarga miskin yang tengah sekolah pilot di Amerika Serikat. Leteng juga mengatakan bahwa tuduhan dirinya memiliki hubungan intim dengan seorang perempuan merupakan “fitnah”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend