Parah! Di Langkat Ada Gedung Sekolah Nyaris Ambruk Dan Siswa Belajar Di Lantai

Langkat

(Sumber foto: sumutpos.co/etro-online.co)

Sejumlah bangunan sekolah tak layak pakai masih saja ditemui di sejumlah daerah, salah satunya seperti di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut). Hal itu menunjukkan, besarnya anggaran pendidikan yang digelontorkan pemerintah melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), ternyata sejauh ini belum menyentuh ke seluruh pelosok negeri.

Padahal, di Kabupaten dengan sebutan “Negeri Betuah”, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) masuk dalam kategori cukup tinggi yakni mencapai Rp 1,2 Triliun. Sayang, anak sekolahnya masih ada yang ujian dilantai akibat tidak adanya sarana yang memadai.

Hal itu terjadi di Sekolah Dasar (SD) 050676 Desa Kebun Balok, Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat, puluhan murid terpaksa melaksanakan ujian di lantai. Kondisi tersebut sudah berlangsung lama, namun sampai saat ini belum ada realisasi pembangunan dari pemerintah di sekolah tersebut.

Bahkan, berulang kali pengajuan pembangunan dilakukan pihak sekolah, tak juga mendapat respon pemerintah sehingga kondisi gedung sekolah masih dalam kondisi rusak parah.

Sementara itu, Staf Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kecamatan Wampu Hermansyah, ketika dikonfirmasi via seluler, membenarkan kondisi tersebut. “Iya bang, memang kondisi bangunan sekolahnya cukup parah, paling parah tiga lokal, karena melihat kondisinya sekarang, sudah minta dibangun semua,” kata dia.

Herman menambahkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan kepala sekolah setempat terkait pengajuan pembangunan gedung sekolah. “Memang kita sudah koordinasi dengan kepala sekolah disana soal pembangunan gedung, tapi kita tidak tahu apa kendala di atas, apakah tidak ada dana atau apa?,” sebut Herman, berharap pembangunan dapat terealisasi.

Berikut pantauan redaksi eveline, mendapati ragam komentar netizen di media sosial terkait di Kabupaten Langkat Sumatera Utara ada gedung sekolah nyaris ambruk, dan siswanya belajar di lantai. Beberapa netizen terlihat melontarkan kritikan, “Ngurus langkat aja gk beres,, konon ngurus SUMUT”, ujar netizen bernama Fery Kiteng pedas. Hal senada juga dilontarkan netizen lain bernama Bachtiarnasution Buyung sampaikan keprihatinan dengan kondisi sekolah tersebut, “Lho… hari gene…. masih ada sekolah kayak gene…!”.

😰MIRIS ….!!!!! SEKOLAH NYARIS AMBRUK, PEMKAB LANGKAT TIDAK PEDULI😭#LANGKAT #BINJAI #SUMUT #PEMPROVSU #MEDAN…

Posted by Fery Kiteng on Tuesday, September 12, 2017

Selanjutnya, ada juga netizen meminta agar dana pembangunan sekolah ditelusuri, ‘Hajabbb kali bahh… telusuri trus tu, dimana nyangkutnya, kok gak dibangun2 sekolahnya….”. tulis netizen bernama Bang Mardy Tst. Sedang netizen bernama Junior Manik, sampaikan harapan, “Kami mohonlah kepada pemerinrah atau instansi terkait supaya lebih peduli kepada keadaan sekolah ini,demi generasi penerus Bangsa..wajib kita memperhatikan generasi penerus..”.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend