Pemuda Islam di Ambon Turut Amankan Gereja Saat Malam Natal, Netizen Salut

Pemuda Islam di Ambon Turut Amankan Gereja Saat Malam Natal, Netizen Salut

Sumber foto: jktoon_48 / tribunnews

Di tengah ramainya perdebatan terkait toleransi antar umat beragama akhir- akhir ini, tindakan para pemuda Islam di Kota Ambon pada perayaan Natal patut diacungi jempol. Ratusan pemuda Islam yang berasal dari beberapa ormas di Kota Ambon terlihat membantu para petugas keamanan mengamankan beberapa gereja saat perayaan ibadah Natal, Sabtu (24/12) malam.

Tak hanya ikut mengamankan, para pemuda ini juga turut mengarut lalu lintas di depan gereja. Yang menarik lagi adalah para pemuda ini menggunakan baju koko dan kopiah.

Dikutip dari Tribunnews, sejumlah gereja yang dijaga para pemuda muslim ini tersebar di beberapa titik, di antaranya Gereja Marantha di Jalan Pattimura, gereja Silo di kawasan Tugu Trikora, Gereja Rehoboth, dan Gereja Katedral. Para pemuda muslim yang ikut menjaga dan mengamankan ibadah Natal di sejumlah gereja itu berasal dari remaja masjid, Gerakan Pemuda Islam (GPI) Maluku, dan pemuda Anshor.

Peristiwa ini pun mengundang decak kagum dari para pengguna media sosial twitter. Pengguna twitter menyatakan salut atas apa yang telah dilakukan para pemuda Islam tersebut. “Adem itu ketika nnton berita ada ttg “Pemuda Muslim ikut Menjaga keamanan Selama Perayaan Natal Gereja di Ambon.” ^ ^” kicau pengguna twitter dengan akun @katrin_nuneo.

Perasaan bangga juga dikicaukan oleh pemilik akun twitter @shihabmohammad. “Salut dengan semangat toleransi di Ambon. Semoga memberikan semangat positif kepada masyarakat lainnya. Selamat menjalankan ibadah natal :)”

Ada juga pengguna twitter yang mengaku rindu dengan suasana harmonis umat beragama di Kota Ambon. “Salut dengan semangat toleransi di Ambon. Semoga memberikan semangat positif kepada masyarakat lainnya. Selamat menjalankan ibadah natal :)” cuit pemilik akun twitter @amoranasrua.

Pengamanan yang dilakukan pemuda muslim di Kota Ambon ini bukan untuk yang pertama kalinya. Kegiatan ini sudah dilakukan sejak tahun 2010 lalu. Zulkifli Lestaluhu sebagai Ketua Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid (BKPRMI) Maluku menyebutkan bahwa yang dilakukan itu merupakan tanggung jawab pemuda muslim di Maluku untuk memberikan kenyamanan kepada umat Kristiani yang sedang menjalankan ibadah Natal.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend