Protes Rencana Mendikbud, Hashtag #FullDaySchool Jadi Trending Topic

Protes Rencana Mendikbud, Hahstag #FullDaySchool Jadi Trending Topic

Sumber foto: sekolahdasar / republika

Gelombang protes terus mengalir terkait usulan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy. Muhadjir mengusulkan sistem bersekolah sehari penuh pada sekolah tahap SD dan SMP.

Diberitakan sebelumnya, Muhadjir mempunyai usulan baru terhadap sistem pendidikan di Indonesia. Menteri yang baru menjabat setelah reshuffle 27 Juli 2016 lalu itu mengusulkan untuk memperpanjang jam sekolah bagi para siswa hingga sepanjang hari. Jadi nantinya para siswa akan belajar di sekolah hingga pukul 5 sore.

Wakil Ketua Komisi X DPR Ferdiansyah juga angkat bicara soal sistem baru Mendikbud ini. Ia mengatakan perlu kajian mendalam pada sistem full day school tersebut. Banyak hal- hal yang masih menjadi pertanyaan. Salah satunya adalah apa yang harus dipersiapkan apabila jam belajar bertambah hingga pukul 17.00. Selain itu, Ferdi juga meminta mempertimbangkan anak murid yang selepas sekolah harus membantu perekonomian keluarganya. Diskusi jelas sangat perlu dilakukan terhadap para orang tua atau wali murid.

Tentangan pada sistem usulan Mendikbud Muhadjir pun mengalir deras di media sosial twitter.  Pantauan redaksi Eveline, muncul hashtag #FullDaySchool sebagai protes dari pengguna twitter pada sistem full day school. “Makin tidak tertarik dengan cara belajar sekolah formal kalo begini, oke sekolah bakat dan minat nampaknya lebih ok #FullDaySchool,” kicau akun @AlineBigbarbie.

Protes juga diutarakan akun @dekasur yang mengatakan bahwa para siswa makin tak berminat untuk masuk sekolah apabila dipaksa untuk seharian belajar. “Ini aturan #FullDaySchool mentah banget, gue yakin malah bikin jumlah anak2 yg doyan bolos bertambah, atau malahan bikin stress.”

“So #FullDaySchool is the top trend now.. damn mate.. we’re raising kids not robocops. #JustSaying,” tweet @faulmccartney yang menyebut bahwa anak- anak bukanlah robot. Hingga berita ini diturunkan, hashtag #FullDaySchool masih nangkring di jajaran trending tropic Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend