Ramai Di Medsos, BIN Bantah Larangan Berjenggot dan Bercelana Cingkrang

Jokowi Usulkan Komjen Budi Gunawan Jadi Kepala BIN, Netizen Ramai Berkomentar

Foto: Ilustrasi

Sekretaris Utama Badan Intelijen Negara Zaelani menyatakan tak pernah meneken atau menerbitkan surat edaran interal terkait larangan berjenggot dan bercelana cingkrang. Ia berkata, surat edaran yang beredar di media sosial itu tidak benar.

“Surat edaran tertanggal 15 Mei 2017 dengan kop surat BIN yang saya tanda tangani itu tidak benar,” ujar Zaelani melalui keterangan tertulis, Jumat (19/5).

Surat tersebut terdiri dari empat poin. Dasar yang digunakan Zaelani adalah UU 5/2014 tentang ASN, Peraturan Kepala BIN 3/2014 tentang kode etik pegawai BIN, keputusan KEP-161/VIII/2005 tentang urusan dinas dalam dan surat edaran SE-01/I/2017 tentang ketentuan pakaian dinas harian.

“Sehubungan dasar itu, diperintahkan kepada seluruh pegawai BIN untuk menaati segala peraturan yang ada dalam berpenampulan dan berperilaku demi terwujudnya insan BIN yang profesional, objektif, dan berintegritas,” tulis Zaelani pada poin kedua.

Zaelani juga meminta seluruh kepala unit kerja di BIN untuk mensosialisasikan dan mengawasi pelaksanaan surat edaran tersebut.

Meskipun menuai protes dari banyak pihak, netizen juga terlihat memberikan dukungan terhadap kebijakan ini. Seperti yang diungkan oleh akun @Jhon_Henry_Shbg. “Kalau asli juga gak ada masalah dengan surat edaran diatas, baju dinas BIN/Pelaksana negara sdh ada, ngapain juga pake celana cingkrang,🤔”.

Sebelumnya, Badan Intelijen Negara menerbitkan surat edaran yang melarang pegawai memelihara jenggot, berambut panjang dan memakai celana cingkrang atau celana di atas mata kaki. Surat edaran ini telah dikonfirmasi oleh Deputi Bidang Komunikasi dan Infomasi BIN.

Dikutip dari CNNIndonesia, Dawan menjelaskan selama ini pegawai BIN yang bekerja di kantor memiliki seragam berwarna putih dan hitam. Berbeda dengan petugas di lapangan yang bebas berpakaian sesuai kebutuhan pekerjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Send this to friend