Sikap Sombong Pengungsi Rohingya Ini Buat Netizen Kesal

Terkait Pembantaian Muslim Rohingya, #UsirDubesMyanmar Dikicaukan Netizen Indonesia

Sumber foto: Istimewa

Pemerintah Indonesia telah menyatakan sikap terkait penindasan terhadap etnis muslim Rohingya di Myanmar. Presiden Joko Widodo mengatakan Indonesia berkomitmen membantu menyelesaikan permasalahan terhadap etnis Rohingya di Rakhine. Tak hanya itu, Jokowi juga meminta krisis Rohingya segera dituntaskan.

Pemerintah juga telah memberikan bantuan kepada etnis Rohingya di Bangladesh. Pemerintah telah mengirimkan enam pesawat bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Rohingya. Bantuan itu bukan hanya dari pemerintah, namun juga dari pihak-pihak lain yang menyalurkannya secara bersamaan.

Namun belakangan sebuah video wawancara seorang pengungsi Rohingya viral di media sosial. Dalam wawancara itu, seorang pengungsi Rohingya di Banda Aceh bernama Saleem menyebut ‘Indonesia money is small.’ Terang saja pernyataan Saleem ini pun membuat pengguna media sosil Indonesia kesal. Tak hanya itu, Saleem juga mengutarakan keinginannya untuk pergi dari Indonesia menuju Amerika, yang dinilai lebih sejahtera.

Pengguna twitter dengan akun @FatimAurelia menyebut bahwa pemerintah tak perlu memberikan bantuan lagi untuk etnis Rohingya. “Bantuan yg sudah dikirim cukuplah. Selanjutnya STOP. Mereka orang2 yg tidak bersyukur dan tidak menghargai bantuan. Buat apa di-bela2in.”

Ada juga pengguna twitter yang mempersilahkan Saleem untuk pergi dari Indonesia dan menuju ke Amerika. “Go head to amrik saleem! Pemerintah&rakyat Indonesia sdh berusaha membantu rohingya,tp km tdk bersyukur. Km sdh ngelunjak!” tulis akun @niaratmadja.

Disisi lain, masyarakat Indonesia sendiri terlihat sangat peduli dengan keadaan di Rohingya. Berulang kali aksi massa dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan menuntut agar penidasan etnis muslim Rohingya yang terjadi di Myanmar dihentikan. Salah satu aksi besar yang dilakukan di Indonesia adalah aksi 169 atau Aksi Bela Rohingya, Sabtu (16/9) kemarin.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend