Soal Beredarnya Video Pekerja Cina Berantem di Indonesia, Netizen: Usir Dari NKRI

pekerja cina

(Sumber foto: Wavie News/ YouTube)

Polda Banten telah menangkap 70 warga negara asing (WNA) Cina yang bekerja di PLTU Puloampel, Kabupaten Serang. Para WNA Cina itu ditangkap pada 1 Juli 2016 oleh aparat Subdit I Industri dan Perdagangan (Indag) Reserse Kriminal Khusus (Krimsus) karena diduga tak memiliki dokumen.

Direktur Kriminal Khusus Polda Banten Kombes Nurullah mengatakan, para tenaga kerja asing (TKA) tersebut diamankan dari sebuah perusahaan di kawasan Pulo Ampel, Kabupaten Serang. “Iya, dugaan sementara mereka tidak memiliki dokumen,” ujar Nurullah saat ditemui di Mapolda Banten.

Sementara itu, kini beredar pula di laman Youtube, di mana pekerja Cina tengah berantem dengan sesama pekerja diduga berada di lokasi proyek di PLTU Puloampel, Kabupaten Serang. Video yang tersebar itu berjudul “HEBOH !! Pekerja CINA NGAMUK Berantem Sama Pekerja di Indonesia”.

Saat berita ini diturunkan, video itu di Youtube sudah ditonton sebanyak 9.759 kali, dan kebanyakan dari netizen berkomentar meminta para pekerja asal China yang di duga ilegal itu diusir dari Indonesia.

Pantauan redaksi eveline, mendapati netizen berkomentar terkait beredarnya video pekerja asal Cina berantem dengan sesama pekerja di Indonesia.  Berikut komentar netizen pada linimasa twitter. “USIR TENAGA KERJA ASING CINA ILEGAL DARI NKRI !!! ALLOHU AKBAR !!!”. Kicau akun @chevinoorcholis meminta dengan tegas agar tenaga kerja ilegal asal Cina itu di usir dari NKRI.

Bukan tanpa alasan beberapa netizen kemudian berkicau memperlihatkan keresahannya terhadap maraknya TKA Ilegal asal Cina seperti yang terjadi belakangan ini. “cina gaji lebih besar, pribumi gaji di tekan.. Tuh nyata”, tulis netizen dengan akun @crewagusasy, nampak menyebut soal pendapatan pekerja Cina lebih besar sedang, pekerja Indonesia disebutkan bergaji lebih kecil.

Selanjutnya, seorang netizen juga menulis, “ya iyalah, orang penguasa Negeri ini lebih cinta cina daripada pribumi”, tulis akun @PangeranBiru212, sembari sampaikan sindirannya terhadap pemerintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend