Soal TKA China Dicegat Di Kantor Imigrasi Kendari, Netizen: Untung Mahasiswa Bergerak

Kendari

(Sumber foto: akun twitter @wartapolitik)

Puluhan mahasiswa di Kendari, Sulawesi Tenggara, mencegat mobil yang ditumpangi tenaga kerja asing (TKA) asal China di Kantor Imigrasi Kelas 1 A Kendari, Selasa (20/12/2016). Saat itu, puluhan tenaga kerja asing hendak memperpanjang paspor di kantor Imigrasi Kendari.

Aksi itu dilakukan mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Kendari untuk memastikan bahwa semua penumpang bukan tenaga kerja asing yang ilegal.”Kami lihat itu ada mobil dan di dalamnya ada WNA, maka spontan kami cegat untuk memastikan apakah dokumen mereka itu betul-betul sah. Apakah dokumennya valid atau tidak,” kata Bram, koordinator aksi.

Akibat aksi tersebut, empat minibus yang memuat para tenaga kerja asing tidak bisa keluar dari kantor Imigrasi dan semua penumpang bersembunyi di dalam mobil tersebut.

Sementara itu, pihak Imigrasi yang menerima mahasiswa memperlihatkan sejumlah paspor milik tenaga kerja asing tersebut. Namun, mahasiswa tidak puas dan meminta pihak Imigrasi untuk memperlihatkan semua tenaga kerja asing tersebut.

“Kami desak diperlihatkan orang asingnya, tetapi pihak Imigrasi tunjukkan paspornya. Jadi, siapa yang menjamin bahwa paspor itu adalah punya mereka, jumlah saja mereka tidak mau jawab berapa orang yang di dalam mobil,” katanya.

Menurut Bram, mobil yang ditumpangi puluhan WNA tersebut merupakan milik perusahaan tambang yang tengah membangun smelter di Morowali, Sulawesi Tengah.”Ini sudah jelas-jelas dimobilisasi oleh perusahaan, berarti terindikasi keras mereka akan melakukan aktivitas pekerjaan di sana,” tuturnya.

Mahasiswa sempat bersitegang dengan pihak Imigrasi lantaran mereka bersikeras akan menahan mobil yang memuat WNA hingga pihak Imigrasi memperlihatkan para tenaga kerja asing tersebut.

Tak hanya itu, massa juga mengancam akan menyegel kantor Imigrasi Kelas I Kendari. Aksi tersebut dapat dicegah setelah petugas kepolisian dari Polres Kendari yang mengawal aksi tersebut melakukan negosiasi dengan para mahasiswa.

Pantauan redaksi eveline, mendapati netizen berkomentar soal TKA China dicegat di kantor Imigrasi Kendari.  Berikut komentar netizen pada linimasa twitter. “Pak @jokowi kami sangat resah dgn bnyknya kasus spt ini, ke mna aparat negara, untung ada mahasiswa yg brgerak”. Kicau akun @harman_i, sampaikan bersimpatik atas pergerakan yang dilakukan mahasiswa di Kendari.

Selanjutnya, seorang netizen sebut terlihat menyindir  aparat yang tidak segera bertindak, “ini mungkin akibat aparat tidak bertindak akhirnya rakyat yg bertindak.”, tulis akun @adisuryocb13. Sedang akun @AriezVV menulis, “cegat tangkap pulangin ke china daratan”.

Tak hanya itu, seorang netizen dengan akun @Hesti_Ars90  turut soroti soal bagaimana mahasiswa menjalankan aksi cegat di Kendari. “Diserbu dr sgla arah”@wartapolitik Mobil yang Diduga Berisi TKA Asal China Dicegat, Saat Ditanyakan Jumlah TKA ke Imigrasi Tak Mau Jawab”.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *