Sudjiwo Tedjo Minta Polisi Hati-hati Proses Kasus Pelaporan Meme

Sudjiwo Tedjo Minta Polisi Hati-hati Proses Kasus Pelaporan Meme

Sumber foto: liputan6 / kapanlagi

Ketua DPR RI, Setya Novanto ternyata merasa tak senang melihat meme dirinya ramai bertebaran di media sosial. Hal itu membuat Setnov melalui kuasa hukumnya telah melaporkan beberapa akun di media sosial yang dinilai mencemarkan nama baiknya dari meme- meme yang diunggah.

Baca Juga: Enggan Maafkan Penyebar Meme Sakit, Sentimen Setya Novanto Meningkat

Dikutip dari Kompas, dalam surat laporannya, terdapat 15 akun Instagram, 9 akun Twitter, dan 8 akun Facebook yang dilaporkan ke Bareskrim Polri.

Pihak kepolisian sendiri bergerak cepat mengusut laporan kuasa hukum Setnov tersebut. Salah satu penyebar meme yang telah ditangkap adalah Dyan Kemala Arrizzqi (29). Dyan diduga menyebar meme Novanto saat sakit. Kala itu, foto Novanto yang tengah mengenakan masker alat bantu tidur tersebar melalui media sosial. Dyan yang diketahui merupakan kader Partai PSI ini ditangkap pada 1 November 2017 lalu.

Sejumlah pihak pun bereaksi terkait masalah tersebut. Salah satunya adalah seniman Sudjiwo Tedjo. Seniman yang akrab disapa Mbah Tedjo ini meminta pada pihak kepolisian untuk berhati- hati dalam memproses kasus pelaporan meme tersebut. Hal tersebut ia tuliskan melalui akun twitter pribadinya @sudjiwotedjo.

Permintaan dari Sudjiwo Tedjo ini bukan tanpa alasan. Menurutnya, sedikit saja ada kekeliruan yang dilakukan pihak kepolisian dalam memproses kasus pelaporan meme ini, bisa dipastikan demokrasi akan redup.

Disisi lain, LBH Pers menyatakan penyebaran meme Setya Novanto yang banyak dilakukan warganet tidak bisa dianggap sebagai tindak pidana. Ketua LBH Pers Nawawi Bahrudin mengatakan polisi keliru dalam penerapan pasal pencemaran baik.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend