Sukses Bebaskan Sandera OPM, Lima Perwira TNI Tolak Kenaikan Pangkat

Foto: Istimewa

Sebanyak lima perwira TNI yang terlibat dalam operasi pembebasan warga di Tembagapura Papua menolak kenaikan pangkat. Kelima perwira tersebut menyebutkan bahwa keberhasilan adalah milik prajurit, sementara kegagalan adalah tanggung jawab milik perwira.

Hal tersebut disampaikan oleh akun twitter Kodam III/Siliwangi yang mengunggah pidato Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo.

Panglima TNI menyebutkan, karena kelima perwira tersebut menolak kenaikan pangkat, maka akan diberi hadiah lain dalam bentuk pendidikan. Pendidikan tersebut diberikan secara khusus sehingga akan mendahului rekan-rekannya.

Panglima TNI juga menyebutkan bahwa keputusan kelima perwira tersebut adalah contoh dan tauladan bagi seluruh prajurit TNI. Kelimanya disebut oleh Gatot tidak mendahului kepentingan pribadi.

Pidato Panglima TNI yang diunggah oleh Kodam III/Siliwangi tersebut mendapat apresiasi netizen.

“Bravo @Cakra_Kostrad @KOPASSUS_id @tni_ad dan lainnya..Proud of you” kicau salah satu netizen pemilik akun @jokopujakesuma.

Ditempat yang sama, Panglima TNI juga memberikan kenaikan pangkat satu tingkat kepada 58 prajurit TNI yang terlibat dalam operasi pembebasan sandera. Penyematan dilakukan langsung oleh Panglima TNI di markas OPM yang berhasil direbut oleh TNI.

“Pada siang hari ini di depan pos OPM tempat penyiksaan yang kita lihat sama-sama di video, sengaja saya datang ke sini bersama istri saya untuk memberikan penghargaan kepada prajurit-prajurit TNI terbaik dalam melaksanakan tugas pembebasan sandera dalam operasi bersama TNI-Polri,” kata Gatot di Tembagapura, Papua, Minggu (19/11).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend