Tegur Film Kartun Shaun The Sheep, KPI Jadi Sorotan Netizen

Tegur Film Kartun Shaun The Sheep, KPI Jadi Sorotan Netizen

Sumber foto: telegraph / fun kids radio

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) kembali menuai kecaman. Hal ini seiring dengan surat teguran yang mereka layangkan kepada MNC TV atas tayangan film kartun Shaun The Sheep, Senin (7/8/2017).

Dikutip dari laman kpi.go.id, alasan pemberian teguran itu karena ditemukan adegan ciuman bibir antara pria dan wanita dalam animasi berformat stop-motion tersebut. Berdasarkan pemantauan KPI, pelanggaran itu terdapat dalam salah satu episode Shaun The Sheep yang tayang pada 21 Juli 2017 pukul 09.02 WIB.

Tayangan Shaun The Sheep itu dinilai telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran KPI Tahun 2012 Pasal 14 dan Pasal 16 serta Standar Program Siaran KPI Tahun 2012 Pasal 15 Ayat (1) dan Pasal 18 huruf g. KPI meminta agar pihak stasiun televisi mengevaluasi program Shaun The Sheep agar tak terjadi lagi kekeliruan yang sama.

“Kami minta MNC TV menjadikan P3 dan SPS KPI Tahun 2012 sebagai acuan utama dalam penayangan sebuah program siaran,” tulis KPI.

Teguran KPI pada program film kartun Shaun The Sheep ramai menuai komentar dari pengguna media sosial twitter. Salah satunya komentar dari pengguna akun twitter @jumadi097 menyebut sinetron lebih berbahaya dibandingkan dengan film kartun tersebut. “Sinetron remaja yg isinya hedon, bully, sekolah tapi yg diekspose pacaran jauh lebih berbahaya.”

Kicauan senada juga dilontarkan pemilik akun twitter @oNLyriyOo. “Truss buat sinetron FTV dll. Lebih parah. Karena brainwash adegan kekerasan ma pacaran lebay ga bagus buat anak bocah usia berkembang.”

Ada juga pengguna twitter yang menilai teguran KPI tersebut sangat berlebihan. “Lebay banget anjirrr ,giliran sinetron yg bnyak kekerasan aja didiemin. Kocak,” tulis akun @harryharpras.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend