Terdapat Simbol 212 dan Al- Maidah di Komik Marvel, Ardian Syaf Jadi Sorotan Netizen

Terdapat Simbol 212 dan Al- Maidah di Komik Marvel, Ardian Syaf Jadi Sorotan Netizen

Sumber foto: Kumparan

Komikus asal Indonesia, Ardian Syaf mendadak menjadi obrolan di dunia maya. Hal ini tak lepas dari karyanya yang dimuat oleh komik kenamaan, Marvel. Dalam komiknya, ia menyisipkan simbol 212 dan Al- Maidah ayat 51. Jelas hal ini langsung menjadi kontroversi.

Lewat akun Facebooknya, Ardian menjelaskan memang benar simbol- simbol tersebut tak dibuat- buat. Ia sengaja melakukannya karena menurut Ardian aksi umat Islam 212 dan Al- Maidah ayat 51 merupakan kenangan spesial baginya.

“Angka 212 menunjukkan aksi damai 2-12-2016, tuntutan agar Gubernur DKI Jakarta (Ahok) ditahan karena melecehkan kitab suci kami. QS 5:51 adalah ayat yang ia lecehkan. Ini adalah kenangan yang sangat spesial untuk saya,” ujar Ardian seperti dikutip dari Kumparan.

Di media sosial twitter, nama Ardian Syaf juga ramai jadi perbincangan. Pengguna twitter memperbincangkan komik Ardian yang memuat simbol 212 dan Al- Maidah 51. “Sbg alumni 212, trimakasih utk marvel atas diangkatnya isu ini, sbg Islam yg termarginalkan di negaranya sendiri, Ardian syaf keren, kece,” tulis pengguna twitter dengan akun @johan87039544 yang mengucapkan terima kasih pada Ardian.

Dukungan juga dikicaukan oleh pengguna akun twitter @abihadh. “I stand with Ardian Syaf. Ada masalah sm 212? Datang ibadah do’a pulang damai. Enormous action. Makasih.”

Disisi lain, ada juga pengguna twitter yang menyayangkan tindakan Ardian yang menyisipkan simbol- simbol tersebut yang akhirnya berujung pada kontroversi. “Duh, kenapa mas ardian syaf gak mikir terlebih dahulu efek dari 212 dan qs ini :(“ kicau akun @arieandreanatau.

Menyikapi hal tersebut, Marvel pun sudah mengeluarkan pernyataan terkait isu politik yang dimasukkan ke dalam X-Men Gold. Perusahaan itu berkata akan mencabut unsur tersebut dari semua format komik. Tidak berhenti sampai di situ, Marvel mengklaim akan memberi sanksi kepada Ardian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend