Terkait Penindasan Muslim Rohingya, #UsirDubesMyanmar Dikicaukan Netizen Indonesia

Terkait Pembantaian Muslim Rohingya, #UsirDubesMyanmar Dikicaukan Netizen Indonesia

Sumber foto: kumparan

Kabar penindasan kelompok muslim Rohingya di Myanmar kembali mencuat. Dikabarkan sejumlah media, kelompok Rohingya di daerah Rakhine ditindas oleh militer Myamar.

Warga sipil Rohingya jadi korban tindakan keras militer setelah kelompok militan di Rakhine menyerang pos-pos polisi perbatasan yang menewaskan 12 personel polisi pada Kamis malam pekan lalu. Serangan itu direspons dengan operasi militer yang menewaskan lebih dari 90 orang, termasuk warga sipil.

Ribuan warga Muslim Rohingya terpaksa melarikan diri ke Bangladesh. Dalam pelarian, mereka mengungkap bahwa tentara Myanmar membakar rumah-rumah warga dan menembaki setiap objek bergerak, termasuk bayi yang tak bersalah.

Penindasan terhadap muslim Rohingya oleh militer Myanmar membuat pengguna sosial media twitter tanah air bereaksi. Pengguna twitter Indonesia mendesak pemerintah untuk mengusir Dubes Myanmar dari RI melalui tagar #UsirDubesMyanmar.

“pa @jokowi a/n kemanusian (bila alergi bawa2 agama) tentukan sikap! #UsirDubesMyanmar jgn bersahabat dgn neg.IBLIS,” tulis pengguna twitter dengan akun @dickywijaya27.

Kicauan senada juga diutarakan akun @BungHaris3. “dubes myanmar mau diusir apa pergi dengan sendirinya? ayo pilih! wahai penerintah jgn smp masyarakat jd hilang kendali! #UsirDubesMyanmar.”

Ada juga pengguna twitter yang mendesak pemerintah untuk mengusir Dubes Myanmar karena menentang kebiadaban terhadap muslim Rohingya. #UsirDubesMyanmar #UsirDubesMiyanmar dari indonesia! Kita menentang kebiadaban! Tdk perlu jd muslim utk memahami genosida di sana!” tulis akun @lionboy_ladw.

Imbas penindasan Rohingya ini pun juga menyeret nama tokoh Myanmar, Aung San Suu Kyi. Pasalnya tokoh peraih Nobel Perdamaian itu dianggap belum cukup berbuat banyak untuk menghentikan kekerasan di Rakhine.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend