Usulan Full Day School Mendikbud Muhadjir Ditolak Netizen

Usulan Full Day School Mendikbud Muhadjir Ditolak Netizen

Sumber foto: merdeka / smatemon

Usulan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy terkait siswa bersekolah seharian penuh atau Full Day School masih menjadi bahan perbincangan publik. Sebelumnya diberitakan, Muhadjir mempunyai usulan baru terhadap sistem pendidikan di Indonesia.

Menteri yang baru menjabat setelah reshuffle 27 Juli 2016 lalu itu mengusulkan untuk memperpanjang jam sekolah bagi para siswa hingga sepanjang hari. Jadi nantinya para siswa akan belajar di sekolah hingga pukul 5 sore. Sistem yang ia usulkan pada Wakil Presiden Jusuf Kalla ini terilhami dari sekolah- sekolah swasta.

Usulan itupun sudah diberitahukan pada Wakil Presiden, Jusuf Kalla. JK beranggapan bahwa perlu adanya proyek percontohan dahulu sebelum resmi diterapkan di sekolah- sekolah lainnya. Namun, hal berbeda disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi X DPR Ferdiansyah. Ia tak langsung sepakat dengan usulan Muhadjir tersebut. Menurut Ferdi perlu dilakukan kajian mendalam sebelum diterapkan di sekolah.

Hal- hal yang menjadi pertanyaan adalah dalam kurun waktu hingga pukul 17.00 tersebut apa saja yang harus disiapkan. Selain itu, Ferdi juga meminta mempertimbangkan anak murid yang selepas sekolah harus membantu perekonomian keluarganya. Diskusi jelas sangat perlu dilakukan terhadap para orang tua atau wali murid.

Namun beda lagi dengan pendapat para pengguna media sosial twitter. Pantauan redaksi Eveline, pengguna twitter sangat keberatan dengan sistem bersekolah seharian tersebut. Mereka menolak penerapan sistem itu di sekolah karena hanya akan memberatkan para siswa nantinya. “Full day School is Make Student Stress and Very Boring..They can’t Explore Potensional Self and Enjoy Time with Family and Play with Friend,” komentar akun @FajarAlbari.

Akun @psylockian mengatakan setuju dengan sistem tersebut apabila siswa harus dibebaskan dari PR dan kursus tambahan di luar sekolah. “I can only agree to full-day school if the students don’t have to take extra course and do homework. Let them have actual break time.”

Ada juga pengguna twitter yang beranggapan bahwa usulan sistem dari mendikbud itu tak akan bekerja dengan baik. “Honestly I don’t think “full day school” program will work. I think it would make everything worse, students need their life outside school!” tweet @natalia2412.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend