Cetak Sejarah, Islandia Jadi Negara Terkecil yang Lolos ke Piala Dunia

Cetak Sejarah, Islandia Jadi Negara Terkecil yang Lolos ke Piala Dunia

Sumber foto: 889brilafm

Kejutan kembali terjadi di kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa. Islandia dipastikan lolos dalam putaran final Piala Dunia di Rusia tersebut.Ā Pada laga pamungkas grup I, Senin (9/10), Islandia menang 2-0 atas Kosovo di Stadion Laugardalsvoellur. Dua gol kemenangan Islandia dicetak Gylfi Sigurdsson (40′) dan Johann Berg Gudmundsson (68′).

Sejarah pun diukir olehĀ Sigurdsson dan kawan- kawan. Untuk pertama kalinya, Islandia lolos ke putaran final Piala Dunia. Islandia lolos sebagai juara grup I dengan koleksi 22 poin dariĀ 10 laga. Diposisi kedua ada Kroasia. Nantinya mereka akan menentukan nasib apakah akan lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 melalui playoff.

Tak sampai disitu, lolosnya Islandia ini juga membuat mereka menjadi negara dengan jumlah penduduk terkecil yang pernah ikut berpartisipasi di Piala Dunia.Ā Hasil tersebut, catatĀ BBC, membuat Islandia menjadi satu-satunya negara dengan populasi di bawah 1 juta jiwa yang bisa lolos ke Piala Dunia. Islandia pun menjadi negara terkecil yang tampil di pesta sepakbola terakbar itu.

Capaian fantastik Islandia ini pun membuat mereka ramai dibicarakan di media sosial twitter. “Iceland is the smallest country ever to qualify for the World Cup and overall the first country with under 1 millions inhabitants to qualify,” tulis akun @tancredipalmeri.

Kicauan senada juga diungkapkan oleh pemilik akun twitter @timwig. “Iceland, population of 300,000, qualify automatically for the World Cup after reaching the quarter-finals of Euro 2016. Extraordinary.”

Untuk diketahui,Ā kualifikasi Piala Dunia 2018Ā zona Eropa terbagi menjadi 9 grup. Delapan peringkat kedua terbaik akan melakoni play-off untuk memperebutkan empat tiket tersisa.

Keberhasilan Gylfi Sigurdsson cs itu sekaligus melanjutkan gebrakan yang mereka buat di Piala Eropa 2016. Ketika itu laju Islandia baru terhenti di perempatfinal di tangan tuan rumah Prancis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend