Cetak Sejarah, Vietnam Tembus Final Piala AFC U-23

Cetak Sejarah, Vietnam Tembus Final Piala AFC U-23

Sumber foto: vircom / foxsportasia

Masyarakat Vietnam dipastikan sedang berpesta pora. Hal ini tak lepas dari timnas sepak bola mereka yang baru saja dipastikan lolos ke final Piala AFC U-23 2018. Di semifinal, Vietnam mengalahkan Qatar lewat drama adu penalti setelah bermain imbang 2-2, Selasa (23/1).

Pada pertandingan yang digelar di Changzhou Olympic Sports Centre, Changzhou, Vietnam terlebih dahulu kebobolan oleh pemain Qatar Akram Afif pada menit ke-39.

Setelah cukup lama bersabar, akhirnya Vietnam berhasil membuat kedudukan menjadi imbang pada menit ke-69. Nguyen Quang Hai menjadi pencetak gol yang membuat asa Vietnam untuk memenangi pertandingan mendadak menjadi lebih tinggi.

Namun, tiga menit sebelum pertandingan usai, Qatar berhasil kembali unggul. Almoez Ali membuat gawang Vietnam kembali bergetar dan membuat tim asal Timur Tengah itu kembali unggul.

Vietnam nampak tak menyerah begitu saja. Semangat pantang menyerah para pemain Vietnam itu terlihat. Mereka kembali menekan pertahanan Qatar meski baru saja kebobolan. Berawal dari situasi set piece pada menit ke-88 karena pelanggaran yang dilakukan Ahmad Moein kepada Nguyen Quang Hai, pemain Vietnam itu berhasil menyamakan kedudukan dan memaksa pertandingan dilanjutkan ke extra time.

Hingga 120 menit pertandingan, kedudukan 2-2 tidak berubah dan laga dilanjutkan dengan drama adu penalti. Setelah pemain Qatar, Akram Afif, menunaikan tugas dengan baik sebagai eksekutor pertama, pencetak dua gol Vietnam, Nguyen Quang Hai, justru gagal melakukan eksekusinya.

Eksekutor penalti kedua Qatar, Ahmad Moein, gagal membuat gawang Vietnam bergetar. Hingga eksekutor keempat masing-masing tim melakukan tugasnya, kedudukan tetap 3-3.

Eksekutor terakhir Qatar, Sultan Al Brake, gagal melakukan tugasnya dan itu menjadi momentum bagi Vietnam. Vu Vu Thanh yang menjadi eksekutor terakhir Vietnam berhasil menjalankan tugasnya dan membawa timnya melangkah ke final Piala AFC U-23 2018.

Prestasi gemilang ini pun membuat Vietnam mencatatkan sejarah untuk negeri mereka sendiri. Vietnam nantinya akan berhadapan dengan Uzbekistan yang berhasil mengalahkan Korea Selatan di semifinal.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend