Gagal Juara, Netizen Apresiasi Perjuangan Timnas Indonesia Paska Sanksi FIFA

Gagal Juara, Netizen Apresiasi Perjuangan Timnas Indonesia Paska Sanksi FIFA

Sumber foto: website aff suzuki cup 2016

Timnas Indonesia kembali gagal meraih gelar juara AFF. Dalam partai final leg kedua, pasukan asuhan Alfred Riedl itu kalah dari tuan rumah Thailand dengan skor 2-0, Sabtu (17/12). Dengan skor tersebut, tim Elephant War memenangkan laga final dengan agregat 3-2.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Rajamangala itu, timnas Indonesia terlihat bermain bertahan. Hal ini sama seperti yang dilakukan saat laga semifinal melawan Vietnam lalu. Pertahanan pasukan Garuda cukup solid. Sayang, menjelang pertandingan usai pada menit ke-37 gawang kiper Kurnia Meiga harus bobol. Penyerang Thailand, Siroch Chattong berhasil memanfaatkan umpan Theerathon Bunmathan dari sisi kanan pertahanan Indonesia. Skor 1-0 untuk keunggulan Thailand.

Keunggulan Thailand ini pun membuat langkah timnas makin berat. Sebaliknya, dengan skor seperti ini saja Thailand sudah dipastikan merengkuh juara diakhir pertandingan karena unggul gol tandang.

Pada babak kedua, Thailand langsung tancap gas. Baru beberapa menit laga dimulai, kembali Siroch Chattong memperdaya Kurnia Meiga. Menerima operan Chanatip Songkrasin, Chatton sukses mencetak gol kedua di menit ke-47 setelah tendangan melengkungnya ke pojok kanan gawang Kurnia Meiga gagal diantisipasi. Skor menjadi 2-0 untuk keunggulan Thailand.

Timnas Indonesia nampak kesulitan dalam menembus pertahanan Thailand. Beberapa kali percobaan dari Boaz Salossa dkk selalu saja dipatahkan oleh barisan pertahanan Thailand. Di akhir laga, Timnas Indonesia malah kehilangan Abduh Lestaluhu. Ia diganjar kartu merah akibat menendang bola ke arah bangku cadangan Thailand. Keunggulan 2-0 Thailand pun bertahan hingga pertandingan bubar.

Meski gagal merengkuh juara, pengguna media sosial twitter nampak bangga dengan perjuangan timnas. Final Piala AFF 2016 ini merupakan pencapaian terbaik timnas setelah beberapa waktu lalu FIFA mencabut sanksi PSSI.

“salut dah sama perjuangan timnas. walopun mulai dari 0 setelah kena banned FIFA, mereka ttp bisa nembus final AFF. so proud of you, garuda!” sebut pengguna twitter dengan akun @rlzmingyu.

Kicauan senada juga dilontarkan pemilik akun @betsbloom. “Tetap bangga sm Timnas, walau underdog,dgn carut marutnya iklim persepakbolaan negeri ini & sempet dibanned FIFA tp msh bs lolos ke final..”

Keberhasilan merengkuh gelar Piala AFF 2016 membuat Thailand menjadi tim yang paling banyak mengoleksi gelar AFF dengan total 5 gelar. Selain itu, dia pemain mereka Teerasil Dangda dan Chanatip Songkrasin masing- masing mendapatkan gelar top score dan pemain terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend