Israel Diancam Akan Didepak Dari Keanggotaan FIFA, Netizen Beri Dukungan

keanggotaan

(Sumber foto:  www.telegraph.co.uk/ www.ynetnews.com)

Negara Israel diancam akan didepak dari keanggotaan Badan Organisasi Sepakbola Dunia (FIFA) jika berani mencaplok wilayah Tepi Barat, Palestina. Tindakan tegas akan diambil FIFA jika Negara Yahudi itu tak mengindahkan aturan yang diterapkan Organisasi Hak Asasi Manusia (HAM) dunia atau HRW.

“Sebab klub-klub Israel bersangkutan, semua terletak di Tepi Barat yang masuk wilayah Palestina, diantaranya termasuk Beitar Givat Ze’ev, Beitar Ironi Ariel, Ironi Yehuda, Beitar Ironi Maale Adumim dan Hapoel Bik’at Hayarden, yang semuanya bermain di liga bawah Israel,” dilansir dari The Guardian, Ahad (25/9).

Dihimpun dari republika.co.id, sejalan dengan FIFA, terdapat juga sebuah petisi online yang ditandatangani 150 ribu orang serta surat terbuka dari puluhan anggota parlemen Eropa yang menyerukan FIFA bertindak atas pelanggaran HAM oleh Israel ini.

Langkah ini tentu ditentang asosiasi sepak bola Israel (IFA) dan oleh klub yang terlibat. Mereka mengatakan larangan bermain bagi warga pemukiman Yahudi akan menghukum pemain yang terlibat. Dan Israel mengklaim FIFA tidak memiliki wewenang untuk menentukan wilayah Israel.

Namun HRW menilai HRW FIFA memiliki kewenangan untuk menolak melegitimasi pendudukan Israel selama 49 tahun tersebut, dengan tidak mengizinkan permainan berlangsung. “Dengan membiarkan IFA untuk mengadakan pertandingan di dalam pemukiman, FIFA terlibat dalam aktivitas bisnis yang mendukung permukiman Israel,” kata HRW menjelaskan.

Pantauan redaksi Eveline di media sosial twitter mendapati netizen beri dukungan langkah FIFA untuk mendepak Israel dari keanggotaan, jika berani menduduki wilayah Tepi Barat, Palestina. “fifa > pbb”, tulis netizen dengan akun @teukumikhwan singkat beri dukungan FIFA dengan menyebut FIFA lebih besar dari Organisasi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Selanjutnya, pesan serupa juga disampaikan netizen lain. “setujuh sekali”. ujar akun @mawardi80 yang mendukung langkah FIFA tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend