Menpora Kalah di PTUN, JK Perintah Cabut SK, Netizen Sindir #PresidennyaJokowiBukanJK

Kisruh Menpora VS PSSI – sumber foto: Istimewa

Ada perkembangan sangat menarik hari ini terkait kisruh antara Menpora Imam Nahrawi dengan PSSI. Senin, 25 Mei 2015, Majelis Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta Timur dalam putusan selanya menetapkan untuk menunda pemberlakuan Surat Keputusan Menteri Pemuda dan Olahraga Nomor 01307 terkait pembekuan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Sidang kali ini merupakan sidang gugatan PSSI terhadap Kemenpora yang keempat. Sebelumnya PSSI telah mengajukan 24 bukti permulaan untuk pertimbangan hakim dalam putusan sela. Sementara pihak Kempora menilai gugatan PSSI tidak sah karena tidak mempunyai legal standing sebagai organisasi yang diakui.

Masih terkait dengan keputusan sela PTUN tersebut, Menpora dipanggil Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden untuk membahas pembekuan PSSI. Dalam pertemuan tertutup yang berlangsung sekitar satu jam tersebut hadir pula Wakil Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) hasil Kongres Luar Biasa (KLB) di Surabaya, Hinca Panjaitan, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Rita Subowo, dan mantan Ketua Umum PSSI Agum Gumelar.

Yanga menarik adalah, selepas pertemuan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengadakan konferensi pers yang mengumumkan pencabutan SK Menpora soal pembekuan PSSI. Namun, Menpora Imam Nahrawi tidak terlihat saat JK menyampaikan hal tersebut. Dikutip dari Beritasatu.com, “Tadi sudah bertemu dengan Pak Menpora, PSSI didampingi Pak Agum Gumelar dan Bu Rita Subowo, kita membahas masalah persepakbolaan nasional. Disepakati, sepakbola nasional tetap jalan, tetap ada kompetisi dengan baik. Oleh karena itu, PSSI harus aktif lagi,” kata JK

Disebutkan bahwa Imam Nahrawi usai pertemuan dengan Jusuf Kalla langsung menuju Istana Presiden untuk bertemu Joko Widodo. Dalam pertemuan dengan Presiden, Menpora membahas pusan sela PTUN dan perintah Wapres mencabut SK. Namun, Menpora belum mencabut Surat Keputusan (SK) Pembekuan PSSI, bahkan mengklaim pihaknya telah mendapat dukungan langsung dari Presiden Joko Widodo dalam upaya membenahi sepakbola di Tanah Air.

Namun, menurut Deputi V Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kempora) Bidang Harmonisasi dan Kemitraan, Gatot S Dewa Broto, dalam pertemuan dengan Jokowi, Menpora menyebut ada 3 opsi penyelesaian, yaitu pertama, masih tetap pemberian sanksi administratif atau pembekuan PSSI. Kedua dicabutnya SK pembekuan dan yang ketiga SK direvisi.

Sejauh ini, opsi ketiga lah yang dipilih Menpora dan Presiden Jokowi. Yaitu merevisi SK dan memasukkan Tim Transisi kedalam struktur organisasi untuk membenahi PSSI karena dinilai sebagai yang terbaik bagi kedua belah pihak.

Bagaimana tanggapan publik, khususnya netizen Indonesia atas perkembangan kisruh Menpora dan PSSI yang sekarang melibatkan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia ini? Simak hasil pantauan redaksi Eveline berikut.

Pemantauan dilakukan terhadap perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 25 Mei 2015. Hingga berita ini diturunkan ada pukul 21.00 WIB, terdapat total 39.055 tweet membicarakan konflik Menpora dan PSSI. Dari jumlah tersebut, sebanyak 7.166 membicarakan perintah Wapres Jusuf Kalla kepada Menpora untuk mencabut SK Pembekuan PSSI. Netizen yang mendukung perintah ini mencuitkan 1.778 tweet. Hal ini terkait dengan kemenangan PSSI dalam keputusan sela gugatan di PTUN atas pihak Kemenpora. Sebanyak 4.035 tweet menyebut kemenangan PSSI tersebut.

Sebaliknya, 1.656 tweet dari netizen menyebut dukungan Presiden Joko Widodo atas pembekuan PSSI oleh Menpora. Netizen juga menyampaikan dukungan kepada Menpora untuk tetap membekukan PSSI dan melakukan pembenahan terhadap sepakbola Indonesia lewat 3.622 tweet.

Menyikapi perintah Wapres Jusuf Kalla yang memerintahkan pencabutan SK Menpora, netizen menanggapinya dengan satir lewat penggunaan hashtag #PresidennyaJokowiBukanJK yang sudah digunakan sebanyak 2.321 kali.

Sepertinya drama perseteruan Menpora dan PSSI belum akan berakhir dalam waktu dekat. Kita tunggu saja perkembangannya.

***

Loading...

2 thoughts on “Menpora Kalah di PTUN, JK Perintah Cabut SK, Netizen Sindir #PresidennyaJokowiBukanJK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend