Netizen Perbincangkan Aturan Liga 1 Soal Marquee Player

Netizen Perbincangkan Aturan Liga 1 Soal Marquee Player

Sumber foto: okezone / pikiranrakyat

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) membuat peraturan baru soal regulasi pemain asing untuk klub- klub yang akan berlaga di Liga 1. Melalui Ketum Edy Rahmayadi, klub peserta nantinya dapat membeli pemain bintang berharga mahal alias marquee player.

Peraturan tambahan dari PSSI ini disampaikan pada pertemuan dengan perwakilan 18 klub Liga 1. Pertemuan tersebut digelar di Markas Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Makostrad), Jakarta, Kamis (16/3). Syarat marquee player yang ditetapkan PSSI adalah umur pemain harus di bawah 35 tahun, pernah bermain di Piala Dunia, dan bisa berasal dari negara mana saja.

Disisi lain, para pengguna media sosial twitter terlihat sangat antusias dengan membicaraka peraturan marquee player tersebut. “Klub klub di Indonesia lebih baik bangun lapangan latihan sendiri dulu saja daripada ngontrak marquee player,” tulis pengguna twitter dengan akun @OngisnadiNet yang menyarankan klub Indonesia lebih baik membangun klub terlebih dahulu.

Pemilik akun twitter @Taufk_29 menyebut klub- klub yang tak mampu mendatangkan pemain kelas dunia bisa fokus potensi pemain yang dimiliki. “Marquee Player ? Yang mampu silakan beli dtgkan pemain top dunia yg berkelas, yg tidk mampu diam saja maksimalkan potensi yg ada. simple kan.”

Ada juga pengguna twitter yang menunggu klub besar Indonesia macam Persija Jakarta, untuk mendatangkan pemain kelas dunia itu. “Tebak2an baru yg menarik ditunggu. Siapa kira2 Marquee Player yg akan didatangkan PERSIJA..?? #KeputusanBaru,” cuit akun @AlionelMessi_.

Bisa dikatakan bahwa klub peserta Liga 1 yang sudah menerapkan aturan ini adalah Persib Bandung. Sebelum aturan ini diinfokan pada seluruh klub peserta, Persib lebih dulu mendatangkan Michael Essien. Maung Bandung rela merogoh kocek dalam untuk menggunakan servis mantan pemain Chelsea tersebut.

Sebelumnya, PSSI memberi aturan untuk klub Liga 1 mengontrak sedikitnya lima pemain dengan umur di bawah 23 tahun (U-23). Sedikitnya tiga dari mereka wajib dimainkan pada setiap laga. Masalah usia juga turut diatur. Satu tim mesti memiliki maksimal dua orang pemain dengan usia di atas 35 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*