Netizen Perbincangkan Kedatangan FIFA ke Indonesia

Federasi sepak bola tertinggi dunia (FIFA) akhirnya berkunjung ke Indonesia. Dalam kunjungannya ini, FIFA menggandeng federasi sepak bola Asia (AFC). Rombongan FIFA tiba di Indonesia pada hari Minggu (1/11), kemarin. Dikutip dari Republika, delegasi FIFA yang berkunjung ke Indonesia antara lain Kohzo Tashima (anggota EXCO FIFA dari Jepang), Tengku Abdullah Ibni Sultan Ahmad Shah (anggota EXCO FIFA dari Malaysia) dan James Johnson (FIFA members Association Direction). Sementara AFC diwakilkan oleh Mariana Araneta Anggota EXCO AFC dari Filiphina), Dato’ Windsor John (AFCActing General Secretary) dan Sanjeevan Balasingham (AFC Members Association Directions).

Dengan menggunakan platform  Evello Intelligent Tagging System, redaksi Eveline memantau perbincangan di media sosial, khususnya Twitter selama periode 2 November 2015.Terdapat 3.845 tweet perbincangan tentang kedatangan FIFA ke Indonesia.

Rencananya, FIFA akan bertemu dengan PSSI, Presiden Jokowi, Menpora, PT. Liga Indonesia, perwakilan Asosiasi Provinsi (Asprov), Media (SIWO) dan Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI). Kabar yang beredar, perwakilan FIFA sudah menemui Presiden Jokowi hari ini di Istana Negara. Pertemuan dengan FIFA dilakukan sebelum Presiden Jokowi menemui Wapres India. Jokowi dengan FIFA dikomentari netizen sebanyak 3.638 tweet.

Kohzo Tashima, usai bertemu Presiden Joko Widodo tidak mau memberikan pernyataan hasil pertemuan dengan Presiden Joko Widodo. “Tadi kami membicarakan masa depan (sepak bola) dan akan terus melakukan komunikasi, tapi saya akan memberikan pernyataan nanti,” kata Kohzo. Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa nantinya akan dibentuk tim dari Indonesia dan tim dari FIFA yang akan duduk satu meja membahas permasalahan sepak bola Indonesia. Kemudian dua tim tersebut juga akan memberikan solusi atas permasalahan sepak bola di Indonesia.

Besar harapan netizen bahwa kunjungan FIFA kali ini merupakan akhir dari kisruh antara pemerintah dan PSSI selama ini. Netizen berharap bahwa FIFA akan mencabut sanksi yang mereka jatuhkan kepada Indonesia. Sebanyak 725 tweet berisi harapan netizen tersebut. Salah satu netizen dengan akun @BuaranBersatu mencuitkan harapan yang sama, “Hari ini FIFA akan bertemu presiden semoga menjadi awal titik terang nya sanksi kpd FIFA. Smga cepat dicabut sanksi nya amin”.

Tak hanya itu, netizen juga berharap sepak bola Indonesia bebas dari kepentingan politik. Itu terlihat dari 847 tweet yang menyatakan hal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend