One Direction Manggung di GBK, 90.738 Tweet Menolak

One Direction, Boy Band asal Inggris – Irlandia yang terbentuk pada tahun 2010 berencana menyambangi penggemarnya di Indonesia pada 25 Maret 2015. Perhelatan ini akan dilakukan di Stadion Gelora Bung Karno (BGK) Jakarta. Rencana ini tentu saja disambut meriah oleh penggemar One Direction di Indonesia yang cukup banyak. Akan tetapi sayangnya tidak demikian dengan penggemar olahraga sepakbola tanah air, khususnya penggemar Timnas U-23.

Penggemar timnas – U23 kesal lantaran pada tanggal 27-31 Maret 2015 digelar penyisihan pra piala asia (PPA) u-23 tahun 2016 untuk Goup H. Meskipun PSSI sudah menyiapkan alternatif penggunaan lapangan ke kota Solo, tetap saja penggemar sepakbola tanah ait merasa tidak puas.

Tepat tanggal 15 Maret, Jagad twitter di Indonesia heboh dengan munculnya dua hashtag yang masuk menjadi trending topic. Keduanya adalah #SaveGBK dan #OneDirectionJancuk. Kemunculan kedua hashtag tersebut disambut oleh pengguna twitter, hingga sehari setelahnya mencapai puncak capaian tweet tertinggi. Pada tanggal 16 Maret, #SaveGBK mencapai dukungan 13.814 tweet. Sampai berita ini diturunkan, hashtag #SaveGBK masih terus disuarakan walaupun intensitasnya mulai berkurang. Total tweet dukungan pada #SaveGBK pada 20 Maret 2015 pukul 16:37 telah mencapai 21.837 kicauan.

Puncak perlawanan terhadap penggunaan stadion GBK untuk konser One Direction berada pada harhtag #OneDirectionJancuk. Puncak dukungan terhadap #OneDirectionJancuk terjadi pada 16 Maret dengan jumlah tweet mencapai 68.152 tweet dan berangsur turun sehari setelahnya. 17 Maret jumlah dukungan #OneDirectionJancuk masih terbilang tinggi, yaitu mencapai 19.164 tweet. Sampai berita ini diturunkan, hashtag #OneDirectionJancuk masih menuai dukungan walaupun intensitasnya kecil. Total data tweet hingga 20 Maret 2015 pada hashtag #OneDirectionJancuk mencapai 90.738 tweet.

Pemantauan yang dilakukan oleh eveline, perlawanan terhadap pelaksanaan konser di GBK tidak saja dipengaruhi oleh kekecewaan pemindahan pertandingan timnas U 23, melainkan terhadap alasan-alasan yang cukup rasional. Setidaknya 2.762 tweet berkicau bahwa stadion GBK diperuntukkan untuk olahraga dan bukan sebagai tempat konser. Bahkan 1.170 tweet berkicau tidak rela jika rumput stadion GBK rusak karena pelaksanaan konser.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Send this to friend